Home Sumbagteng Polisi Pastikan Tebo Aman dari Wabah PMK

Polisi Pastikan Tebo Aman dari Wabah PMK

Tebo, Gatra.com - Sat Binmas Polres Tebo melakukan pengecekan terhadap pemilik ternak yang berada di wilayah Kabupaten Tebo, Jambi pada Selasa (24/5).

Pengecekan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah di beberapa wilayah di Indonesia. Dari hasil pengecekan, polisi tidak menemukan adanya indikasi virus yang menyerang hewan ternak tersebut.

Meski begitu, pihak kepolisian tetap memberikan imbauan kepada pemilik ternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternak.

Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya saat ini gencar melakukan pengecekan dan imbauan kepada masyarakat terkait merebaknya wabah PMK. "Alhamdulillah untuk wilayah Tebo, saat ini belum ada hewan ternak yang terpapar wabah PMK. Tebo masih aman," kata dia.

Fitria Mega mengimbau kepada masyarakat maupun peternak, bilamana menemukan gejala penyakit pada hewan ternak agar segera memberitahukannya kepada aparat desa seperti Babhinkamtibmas dan dokter hewan setempat.

"Jika ada warga menemukan ternak yang terpapar PMK diharapkan segera melapor, agar penyebaran virus tersebut tidak meluas ke ternak yang lain," pinta Kapolres.

Salah seorang peternak di Desa Pancuran Gading, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Sugiono mengaku senang dengan kedatangan polisi ke kandang ternaknya.

"Kami menjadi tahu seperti apa ciri-ciri ternak yang terpapar PMK. Semoga ternak di Tebo tidak ada yang terkena penyakit mulut dan kuku seperti di daerah lainnya," kata Sugiono.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS