Home Sumbagsel Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel Segera Dibangun

Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel Segera Dibangun

Palembang, Gatra.com - Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) segera dimulai. Sesuai jadwal, rencananya peletakan batu pertama (groundbreaking) akan dilakukan pada Juni 2022 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel, Herman Deru usai menggelar rapat koordinasi mewujudkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat yang dilakukan secara virtual bersama Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (24/5).

“Kami telah menyepakati akan diawali dengan groundbreaking pada Juni 2022 mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, hingga kini Menhub sendiri berkomitmen terus mendorong upaya akselarasi pembangunan pelabuhan tersebut. Guna mempercepat proses pembangunan ini, pemerintah provinsi setempat pun sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) dengan harapan proses pembangunan dapat dikejar sesuai jadwal.

Dalam rapat tersebut, Deru juga membeberkan proses terkini kondisi lokasi pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Mulai dari lahan, pembangunan jalan, dan kerja sama dengan mitra terkait.

“Proses penyertifikatan lahan milik Pemprov Sumsel sudah dalam proses. Mudah-mudahan di bulan Juni ini juga selesai. Termasuk kesiapan BUMD yang telah Pak Menteri berikan izinnya akan terus bekerja sama dengan calon mitranya,” katanya.

Selain itu, sambungnya, untuk pembangunan jalan Detail Engineering Design (DED) sudah selesai. Bahkan, sudah dilakukan koordinasi dengan Menteri PUPR RI untuk pekerjaan fisik pembangunan.

“Kami bersurat sudah tiga kali kepada Menteri PUPR dan secara jelas Menteri PUPR akan menindaklanjuti. Namun, ada permohonannya agar segera dilakukan penetapan lokasi,” ujarnya.

Dengan begitu atas kerja sama dan koordinasi yang terus terjalin dengan baik ini, Pemprov Sumsel berharap agar pembangunan pelabuhan itu terwujud sesuai target yang ditentukan.

“Artinya, kita tetap ikut sesuai arahan Pak Menhub agar pembangunan ini terealisasi susuai jadwal yang kita rencanakan yakni di bulan juni ini. Mudah-mudahan tidak terjadi planning kedua,” katanya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya meminta dalam proses pembangunan pelabuhan tersebut ada ketepatan karena itu penting. Mengingat bulan depan harus grounbreaking. “Ketepatan waktu penting dalam pembangunan ini. Saya minta Pak Gubernur ada percepatan yang dilakukan di sana,” ujarnya.

Karena itu, Menhub juga mengingatkan kepada semua pihak terkait untuk bersemangat dan detail dalam pembangunan ini sebab yang dikerjakan itu harus target. “Saya minta Pak Gubernur Sumsel untuk proses dipercepat, sehingga bulan Juni bisa groundbreaking,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS