Home Kebencanaan Kerugian Petani Tambak Akibat Air Pasang Capai Miliaran Rupiah

Kerugian Petani Tambak Akibat Air Pasang Capai Miliaran Rupiah

Pati, Gatra.com – Seluas 2.005 hektare tambak ikan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terdampak banjir rob. Kerugian ditaksir akibat musibah fenomena air laut pasang ini mencapai Rp28 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pati, Edy Martanto, mengatakan, lahan pertambakan terdampak bencana, Senin (23/5) itu tersebar hampir sepanjang pesisir kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani.

“Tambak mulai dari Kecamatan Dukuhseti yang berbatasan dengan Kabupaten Jepara, Kecamatan Tayu, hingga Kecamatan Batangan yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang,” ujarnya usai meninjau dampak banjir rob di Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Rabu (25/5).

Kebanyakan tambak yang mengalami kerugian diisi ikan bandeng, nila, dan udang. Kerugian sementara sebesar Rp28 miliar, angka tersebut dinilainya jauh lebih kecil dibandingkan kerugian sebenarnya. Sehingga pihaknya bakal memverifikasi kembali.

“Pati termasuk tambaknya luas sehingga cakupannya luas juga. Tadi saya hitung dari teman-teman laporan sementara sampai Rp28 miliar, kemungkinan lebih besar,” terangnya.

Kerugian tersebut dijelaskannya belum termasuk kerugian infrastruktur. Edy mengaku telah melaporkan kerugian material para petambak ini kepada Dirjen Kelautan Kementerian Kelautan.

“Itu belum termasuk infrastruktur, kalau infrastruktur yang rusak itu termasuk di Desa Banyutowo (Kecamatan Dukuhseti) tanggulnya 50-an meter yang jebol,” sebutnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS