Home Politik Emak-emak Pelaku UMKM di Tegal Deklarasi Dukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024

Emak-emak Pelaku UMKM di Tegal Deklarasi Dukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024

Slawi, Gatra.com - Ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga Uno dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu dinilai sosok yang bisa mengubah perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Deklarasi dukungan dibacakan saat digelar pelatihan kewirausahaan pembuatan makanan rumahan di Sanggar Enthus, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jumat (27/5) sore. Pelatihan itu digelar Relawan Sedulur Sandi Tegal dan diikuti ratusan pelaku UMKM yang mayoritas adalah ibu-ibu atau emak-emak.

Ketua Umum Sedulur Sandi Tegal, Bayu Aji menjelaskan, kegiatan pelatihan digelar untuk mendorong pelaku UMKM di Tegal agar berinovasi. Dengan begitu, produk khas daerah dapat go international.

"Kegiatan hari ini kami memberikan pelatihan pembuatan produk makanan dan sekaligus pembacaan deklarasi dukungan kepada Sandiaga Uno," kata Bayu dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Menurut Bayu, pelatihan tersebut mengajarkan kepada pelaku UMKM inovasi dalam membuat produk makanan kering maupun makanan basah. Peserta diberikan materi pembuatan keroket kentang. Selain itu, diberikan juga materi pemilihan packaging produk.

"Pelatihan ini juga mengajarkan kepada peserta bagaimana menjual dan mempromosikannya ke daerah-daerah," kata dia.

Bayu menyampaikan, program pelatihan kewirausahaan akan terus diadakan. Selain untuk mengangkat UMKM, kegiatan itu juga untuk mendorong perekonomian daerah.

"Kami akan terus mengadakan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tegal serta mengajarkan tips berwirausaha agar usaha mereka bisa naik kelas," tandasnya.

Di sela pelatihan, para pelaku UMKM bersama Relawan Sedulur Sandi Tegal juga sepakat untuk mendukung Sandiaga Uno menjadi presiden 2024. Dukungan disampaikan melalui pembacaan deklarasi.

Salah satu pelaku UMKM yang menjadi peserta pelatian, Rini Sumiyati mengatakan, Sandiaga Uno adalah figur yang dicari oleh masyarakat Indonesia. Dia menilai Sandiaga pantas untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Bapak Sandiaga Uno ini sosok pemimpin yang dicari-cari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, sosok seperti beliau yang akan mengubah ekonomi menjadi lebih baik lagi," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Relawan Sedulur Sandi Tegal juga melakukan ziarah ke makam Enthus Susmono, mantan Bupati Tegal yang juga seorang budayawan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Selain itu. Relawan Sedulur Sandi juga memberikan sosialisasi terkait Gerakan Masjid (Germas) dengan melakukan pelayanan gratis untuk membersihkan masjid dan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid.

1042