Home Kalimantan Alasan Mundur Kepala Dinas di Kalsel Masih Misterius

Alasan Mundur Kepala Dinas di Kalsel Masih Misterius

Banjarmasin, Gatra.com- Sampai berita ini diterbitkan, belum diketahui alasan apa yang mendasari mundurnya Nurliani Dardi sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip) Provinsi Kalsel.

Gatra.com sudah berusaha menghubungi Nurliani melalui sambungan telepon, namun sayangnya telpon wanita yang akrab disapa ibu Nunung itu tidak aktif. Begitu juga pesan WhatsApp yang di kirim hanya bercontreng tunggal.

Mundurnya Nurliani mendapat perhatian yang luar biasa dari Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel, Syamsir Rahman. Pria yang selama ini terkenal dengan ketegasannya itu meminta kepada Nurliani Dardi untuk segera membuat surat tertulis pengunduran dirinya dan dikirim ke Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

"Harus segera bikin surat tertulis kepada gubernur yang dibubuhi materai," ujar Syamsir kepada Gatra.com, Jumat (27/5).

Dia sampaikan, proses pengunduran diri seseorang dari kepala dinas bukan perkara yang gampang. Ada proses yang mesti dilalui. "Tidak bisa hanya ngomong saya mengundurkan diri. Harus segera bikin surat berikut alasannya kenapa memilih mundur. Alasannya juga harus jelas untuk bahan pertimbangan," ucapnya.

Nanti setelah surat diterima gubernur, papar Syamsir, selanjutnya gubernur meminta inspektorat dan biro hukum untuk mengkoordinasikannya. Andai pengunduran diri diterima, proses selanjutnya adalah mengevaluasi dan menelaah sejauh mana pekerjaan yang sudah diselesaikan. "Berapa persen fisik berapa persen keuangan. Baru dituangkan dalam berita acara. Setalah tidak ada permasalahan, baru keluar surat gubernur yang dilimpahkan ke BKD. Maka kita bikin surat persetujuan mengundurkan diri dan segera di kirim ke Kementerian Dalam Negeri dan Komisi ASN," urainya.

Syamsir mengatakan, selama surat persetujuan mundur atau berhenti belum ada, maka Nurliani Dardi masih sebagai Kepala Dispersip Kalsel. "Orang yang mundur itu akan berhenti atau tidak turun lagi apabila sudah ada persetujuan. Selama tidak ada persetujuan dia masih kepala dinas, jadi tidak gampang," ujar Syamsir bergumam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nurliani Dardi mengundurkan diri secara tiba - tiba dari Kadispersip Kalsel. Pengunduran dirinya menjadi perbincangan hangat di jajaran Pemprov.

Sayangnya, Nurliani masih menutup diri untuk diwawancara. Kepada Gatra.Com dia hanya berkirim pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa dirinya benar telah mengundurkan diri. "Sebenarnya bunda hari ini tadi sudah mengundurkan diri dari Kadis," demikian pesan WhatsApp yang diterima Gatra.com, Kamis (26/5) kemarin.