Home Kebencanaan Dua Pemancing Terseret Banjir Bandang Sungai Kacangan

Dua Pemancing Terseret Banjir Bandang Sungai Kacangan

Banyumas, Gatra.com – Sebanyak dua pemancing dilaporkan hanyut terseret banjir bandang di Sungai Kacangan, Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Rabu dini hari (1/6).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan korban bernama Agus Mulyono (29) dan Maulana Ibrahim (21). Keduanya diduga terseret ketika memancing di tengah sungai Kacangan.

Dia menjelaskan, sebelumnya dua korban memancing bersama dengan satu rekan lainnya, Agung Giarto (26) di Sungai Tersebut. Sekitar pukul 00.00 WIB, mendadak terjadi banjir bandang yang tidak mereka ketahui, lantaran gelap.

“Saat itu korban sedang memancing di pelataran tengah kali sekitar pukul 00.00 Wib dan banjir bandang datang sehingga ketiga orang pemancing tersebut terbawa arus sungai dan tenggelam,” ucap dia.

Beruntung, satu orang yakni Agung, berhasil menyelamatkan diri. Sementara, dua korban lainnya yaitu Agus dan Maulana tenggelam dan terseret arus.

“Agus Mulyono dan Maulana Ibrahim terbawa arus banjir di Sungai Kacangan dan sampai saat ini masih di lakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan,” kata Nyoman.

Basarnas, kata Nyoman, menerima laporan insiden ini pada pukul 07.40 WIB. Dia langsung memerintahkan Unit Siaga SAR Banyumas sebagai tim Aju berangkat ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap kedua korban tersebut.

Dari Kantor Basarnas Cilacap, satu Tim SRU juga diberangkatkan dengan peralatan lebih lengkap. “Tim dari Cilacap juga langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi kejadian,” ujarnya.

Terkait peristiwa ini, Nyoman mengimbau agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini kerap terjadi. Dia juga meminta agar masyarakat mengenali karakteristik titik berisiko di sekitarnya.

“Saya berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan untuk rescuer Basarnas Cilacap maupun unsur potensi SAR yang melaksanakan Operasi SAR KMM 2 orang pemancing diduga hanyut terbawa arus banjir bandang di Sungai Kacangan,” imbaunya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS