Home Mikro Cerita homedecoryogya, Ciptakan Peluang dan Berdayakan Pengrajin Lokal

Cerita homedecoryogya, Ciptakan Peluang dan Berdayakan Pengrajin Lokal

26

Yogyakarta, Gatra.com- Tren dekorasi rumah terus berkembang. Ini tidak hanya menjadi kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman, karena  pandemi Covid-19 telah membuat terpusatnya hampir seluruh aktivitas dari rumah.

Akan tetapi, kreativitas dalam mendekorasi rumah juga dijadikan sebagai hobi  untuk mengisi waktu luang. Begitu pula awal cerita dari Sismi Rahayu, owner dari homedecoryogya. 

Homedecoryogya berinovasi dan menawarkan berbagai pilihan kreasi produk dari bahan dasar kayu. Seperti stand laptop, Rak Bambu, Pigura, Rak Baju gantung dan masih banyak lagi.

Bisnis ini juga memberikan kesempatan bagi pengrajin lokal untuk kembali bangkit dan terus berkembang setelah terkena dampak signifikan dari situasi pandemi. 

“Dimulai dari dua orang, saat ini homedecoryogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh pengrajin lokal," kata Sismi dalam acara Media Brief Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale: Berangkat dari Kegemaran, homedecoryogya Berhasil Ciptakan Peluang dan Berdayakan Pengrajin Lokal, Kamis (2/6).

Berawal dari mengisi waktu dengan kegiatan merapikan rumah dengan mendekorasi isi rumah hingga mencoba membuat hiasan dinding, terbesit dalam pikiran Sismi dan suami untuk menjual produk-produk tersebut.

Berangkat dari kegemarannya, akhirnya Sismi Rahayu memutuskan untuk mendirikan homedecoryogya bersama sang suami pada tahun 2020. Sebelumnya Sismi merupakan ibu rumah tangga, dimana ia memanfaatkan waktu luang untuk memikirkan peluang yang dapat diciptakan melalui kreativitasnya dalam mendekorasi rumah.

Mengetahui bahwa perilaku belanja masyarakat yang mulai bergerak ke ranah digital untuk memenuhi kebutuhan, Sismi juga mempelajari bagaimana mengawali bisnis dan strategi mengembangkan bisnis dengan belajar cara berjualan di Shopee. 

Setelah merasa paham dengan pola kerja Shopee, Sismi kemudian mengajak pengrajin lokal untuk menciptakan barang yang diinginkan. Kreativitas nya dalam menciptakan ragam produk berangkat dari situasi di tengah pandemi dimana banyak dihabiskan di rumah.

Sehingga Sismi berusaha menciptakan produk yang dapat menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman rapi dan terlihat estetik dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda. 

"Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui homedecoryogya dan memberikan kesempatan bagi karya para pengrajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia,” ungkap Sismi.

Sebelum memulai bisnis, Sismi sudah terlebih dahulu mempelajari berjualan di Shopee. Sadar akan pentingnya strategi pemasaran dalam ranah digital untuk memperluas jangkauan pasar, ia pun mulai mempelajari kiat-kiat strategi pemasaran melalui berbagai sumber di internet secara otodidak.

Selain memanfaatkan sosial media untuk promosi bisnis yang baru ia bangun, Sismi juga langsung bergabung dengan Shopee untuk memperkuat online presence serta mempermudah akses konsumen berada untuk mendapatkan rangkaian produk yang tersedia di homedecoryogya. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS