Home Lingkungan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 1.000 Batang Pohon Ditanam di Jalan Bung Karno Purwokerto

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 1.000 Batang Pohon Ditanam di Jalan Bung Karno Purwokerto

Banyumas, Gatra.com – Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Tri Lastiono memimpin penanaman pohon dan gerakan pungut sampah di Jalan Bung Karno, Purwokerto, khususnya di sekitar Menara Pandang Teratai Purwokerto. Sebanyak 1.000 pohon dengan jenis beragam ditanam dalam kegiatan ini.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas ini diikuti oleh kepala OPD, ratusan pesepeda dan relawan lingkungan termasuk Pramuka dalam rangka dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Junaidi mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada tanggal 5-6 Juni tahun 1972.

"Marilah kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan kepedulian dan pelestarian terhadap lingkungan yang ada disekitar kita sehingga kekayaan sumber daya alam yang ada khususnya di Kabupaten Banyumas bisa tetap terjaga sebagai titipan anak cucu kita," ajak Junaidi, di Purwokerto.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini merupakan peringatan 50 tahun Konferensi Stockholm. Konferensi Stockholm tahun 1972 telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

Junaidi menambahkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022, dengan mengusung tema yaitu ‘Satu Bumi untuk Masa Depan’. Peringatan hari lingkungan hidup sedunia di Kabupaten Banyumas dilaksanakan sekaligus berbarengan dengan peringatan hari bersepeda sedunia dengan menggelar gowes bersama dan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan Bung Karno serta penanaman 1000 pohon secara bertahap disekitar area Menara Pandang ini.

“Dilanjutkan dengan deklarasi aksi ‘Sejuta Sepeda Untuk Indonesia’,” ucap Junaedi.

Dalam penanaman pohon ini, DLH Banyumas Banyumas menyiapkan berbagai jenis pohon. Antara lain Pulai (200 batang), Tabebuya (100 batang), Trembesi (200 batang), Mahoni (200 batang); Sengon (100 batang); Mangga (100 batang), Rambutan (100 batang).

Sementara, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini. "Diharapkan pohon-pohon yang kita tanam hari ini dapat menghijaukan area ini dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," kata Sadewo

Wabup juga berpesan penanaman pohon agar dilakukan dimana saja, tidak hanya seremonial. Terutama warga yang masih memiliki lahan agar ditanami, tanaman yang bermanfaat.