Home Nasional BNPP Tuntas Gelar Gerbangdutas 2021, Diklaim Wujudkan Nawacita, Apa Iya?

BNPP Tuntas Gelar Gerbangdutas 2021, Diklaim Wujudkan Nawacita, Apa Iya?

Jakarta, Gatra.com - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) telah sukses menggelar Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2021 di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu.

Acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga Kepala BNPP, Tito Karnavian, secara perdana diluncurkan secara hybrid yaitu daring dan luring.

Dalam pameran virtual ini, BNPP menggandeng MDN News, sebuah startup bidang Virtual Exhibition yang dipimpin Tenaga Ahli Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Vickie Charamita.

"Peluncuran Virtual Exhibition Komoditas Unggulan Daerah Perbatasan adalah terobosan informasi teknologi yang melibatkan saudara-saudara sebangsa kita yang berada di perbatasan untuk mewujudkan nawacita program Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia dari batas terluar," ujar Vickie dalam keterangannya, Minggu (5/6/2022).

"Transformasi digital di era sekarang mampu membuat jarak dan waktu menjadi sangat dekat," sambung perempuan lulusan The University of San Francisco itu.

Dalam kegiatan Gerbangdutas 2021, BNPP melaksanakan Program Kegiatan dan Anggaran Kementerian/Lembaga dalam Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2021. Peresmian atau penyerahan secara simbolis Program dan Kegiatan K/L yang telah selesai tahun sebelumnya, serta sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 01/2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

"Gerbangdutas 2021 juga dirangkaikan dengan pencanangan Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) 2021 dan Positif Expo Komoditas Unggulan Perbatasan," ucap Vickie.

59