Home Gaya Hidup Tangis Haru Iringi Pemberangkatan Ratusan Jamaah Haji asal Kendal

Tangis Haru Iringi Pemberangkatan Ratusan Jamaah Haji asal Kendal

Kendal, Gatra.com - Tangis haru keluarga pengantar calon jamaah haji pecah saat ratusan jamaah haji hendak berangkat ke Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah. Ratusan jamaah haji asal Kendal diberangkatkan dari Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (9/6).

Sebanyak 493 calon jamaah haji asal Kabupaten Kendal ini akan terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) 10 dan 11. Mereka akan bergabung dengan jamaah haji asal Rembang dan Magelang.

Sebelum diberangkatkan, sebuah upacara pemberangkatan ratusan jamaah haji ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Keberangkatan mereka dibagi dalam dua waktu berbeda. 

Jamaah haji kloter 10 yang berisi 308 calon jamaah haji diberangkatkan sekitar pukul 6 pagi. Sementara, 185 calon jamaah haji kloter 11 diberangkatkan pukul 4 sore.

Momen mengharukan terjadi usai upacara pemberangkatan. Para calon jamaah haji keluar dari pendopo untuk menuju busnya masing-masing mendatangi keluarganya yang berada di Alon-alon Kendal. Keluarga yang dipamiti terisak tangis haru melepas para calon jamaah haji.

Dian (20) warga Kalibuntu merasa terharu dengan keberangkatan ibunya menunaikan rukun Islam kelima ke Mekah. 

"Sebenarnya ibu saya berangkat tahun 2020. Tapi terkendala pandemi. Akhirnya berangkat sekarang," katanya dengan mata berkaca-kaca.

Sementara itu, Wabup Kendal, Basuki yang melepas pemberangkatan ratusan jamaah haji ini berpesan agar para jamaah haji bisa menjaga kesehatan saat menunaikan ibadah haji di Mekah. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia.