Home Lingkungan 50 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Sungai Bengawan Donan

50 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Sungai Bengawan Donan

Cilacap, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap bekerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta l dan Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah, melakukan penamanan 50 ribu pohon mangrove di Sungai Bengawan Donan, Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah.

Penaman mangrove ini merupakan puncak dari rangkaian acara hari lingkungan hidup yang diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, sosialisasi pelestarian sungai.

Kepala Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah Dadang Sumantri mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat dalam upaya pelestarian ekosistem. Dalam acara ini juga diserahkan bantuan berupa 50.000 batang bibit mangrove dan 1.000 ekor kepiting serta sumur resapan.

“Bantuan berupa pohon mangrove, kepiting dan sumur resapan merupakan program Biro ISDA Jawa Tengah. Kami berharap bantuan ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem,” kata Sumantri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain menjadi forum silaturahmi, kegiatan ini sekalius menjadi ajang untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya pelestarian Sungai Donan. Sehingga pemanfaatan sumber daya alam dapat berlangsung secara optimal dan berkelanjutan.

“Sosialisasi ini merupakan bagian dari Hari Lingkungan Hidup, hal ini untuk menjaga lingkungan. Pada kesempatan baik ini saya mengajak untuk selalu berpartisipasi aktif dalam kelestarian alam lingkungan di sungai Bengawan Donan,” ucap dia.

Usai sosialisasi pelestarian Sungai Bengawan Donan, kegiatan dilanjutkan penanaman bibit mangrove dan penebaran benih kepiting di area Wisata Kuliner Kampung Kepiting Kelurahan Kutawaru, Cilacap Tengah.

Dalam acara ini, hadir pula Kepala DLH Sri Murniyati, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariadi, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Vallian Rurita dan GM KPI Pertamina RU IV Cilacap Yogi Wardana.

Hadir pula Camat Cilacap Tengah Bambang Wijoseno bersama Forkopimcam, Lurah Kutawaru dan para perangkatnya serta sekitar 80 orang peserta dari 4 Kelurahan Eks Kotip Cilacap, Anggota Linmas dan Pokdarkamtibmas Kelurahan Kutawaru.