Home Olahraga Tundukkan Tim TNI AU, Fajar Merah Juara Kasal Cup 2022

Tundukkan Tim TNI AU, Fajar Merah Juara Kasal Cup 2022

Jakarta, Gatra.com – Tim Fajar Merah, Gudung Kidul, Yogyakarta, akhirnya mengangkat piala setelah menundukkan TNI AU di partai final Open Tournament Bola Voli Putri Kasal Cup Tahun 2022 di Lapangan Tenis Krida Sagara, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim).

Pada partai penentu yang dihelat pada Jumat (10/6) ini, tim Fajar Merah yang dimotori Ratri Wulandari menentukan kemenangan dengan skor 25-19 pada set kelima. Fajar Merah Gunung Kidul unggul 3-1 atas TNI AU.

Pada set pertama, Fajar Merah menutup kemenangan dengan angka 25-18. Pada babak kedua, TNI AU berhasil menyamakan kedudukan 1-1 dengan angka 25-20. Fajar Merah kembali bangkit dan memenangkan set ketiga dan keempat, masing-masing dengan angka 25-17 dan 25-19. Kemudian menutup kemenangan pada set kelima.

Hasil tersebut membuat Fajar Merah bertengger sebagai juara dan berhak mendapatkan uang pembinaan sejumlah Rp50 juta, piala, dan medali emas. Sedangkan TNI AU harus puas di peringkat kedua atau runner up. Selain piala, medali perak, juga mendapat uang pembinaan sejumlah Rp30 juta.

Adapun posisi ketiga dihuni TNI AL, mendapat uang pembinaan sejumlah Rp30 juta, piala, dan medali perunggu. Untuk juara keempat diraih Bank Jatim. Mereka mendapat uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

Fajar Merah melaju ke babak final setelah mengalahkan TNI AL. Sedangkan TNI AU lolos ke partai penentu setelah mengalahkan Bank Jatim. Sedangka untuk memperebutkan juara tiga, TNI AL berhasil mengandaskan Bank Jatim pada laga, Kamis (9/6).

Turnamen bola voli putri Kasal Cup ini melibatkan 16 tim, yakni TNI AL, TNI AD, TNI AU, Bank Jatim, PPOP Jakarta, Kharisma Premium Bandung, Fajar Merah Gunung Kidul Yogyakarta, Bandung Tectona, KKVC Bogor, Bharata Muda Jakarta, BVN Bekasi, Satria Muda Jakarta, Maluku Jakarta, Matador Jakarta, Bumikarta VC Jakarta, dan Cimandala Bogor.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasal), Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, menyampaikan amanat Kasal Laksamana Yudo Marono, mengatakan, ajang ini bukan hanya kompetisi, tetapi juga membangun kebersamaan dan keakraban.

“Karena sejatinya pertandingan bukan semata-mata mencari pemenang melainkan membangun soliditas dan persatuan,” ujarnya pada penutupan turnamen tersebut.

Open Tournament Bola Voli Putri adalah salah satu ajang dan media dalam upaya mengukir prestasi bertaraf nasional karena tidak hanya diikuti oleh atlet internal Kotama atau Satker TNI AL, tetapi juga mengundang seluruh tim atlet bola voli putri berskala nasional yang terlibat di Livoli ataupun Proliga.

Menurutnya, Kasal sangat mengapresiasi perjuangan dan semangat pantang menyerah, sportivitas, disiplin, dan kebersamaan para peserta. Hal ini merupakan bukti bahwa pembinaan olahraga voli telah dikelola secara profesional, dalam arti yang lebih luas telah memberikan kontribusi positif terhadap pembinaan prestasi olahraga secara keseluruhan.

Dalam konferensi pers usai laga, Ahmadi menyampaikan, ini juga merupakan ajang melahirkan bibit-bibit pemain atau atlet voli yang diharapkan mempunyai prestasi di level nasional maupun internasional.

“Di samping itu juga merupakan promosi Angkatan Laut, mungkin tidak semua yang mengikuti turnamen ini mengetahui Angkatan Laut. Jadi di sini, mereka saling paham, saling mengerti, mungkin ada yang tertarik masuk Angkatan Laut,” katanya.

Sedangkan saat ditanya apakah ajang ini juga merupakan promosi untuk menyampaikan bahwa untuk menjadi anggota TNI AL dapat melalui jalur prestasi, Ahmadi membenarkan. Pihaknya menyediakan kuota 5% dari jumlah perekrutan melalui jalur prestasi berbagai cabang olahraga dan lainnya yang nantinya diharapkan membawa nama baik TNI AL di berbagai ajang nasional dan internasional.

“Kita rata-rata sampai 5% dari jumlah, baik dari atlet sepakbola, voli, menembak, tenis, bulu tangkis, dan sebagainya yang memang diharapkan di event-event tertentu ada Kejuaraan Panglima TNI Cup, atau kejuaraan-kejuaraan level internasional yang bersifat militer mereka akan diikutsertakan,” katanya.

490