Home Lingkungan Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Jawa Satu Power Lepasliarkan Kacamata Jawa

Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Jawa Satu Power Lepasliarkan Kacamata Jawa

Karawang, Gatra.com- Memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu PT Jawa Satu Power (JSP) mengelar beberapa rangkaian acara puncaknya berlangsung pada Selasa (8/6) lalu.

Menurut Direktur Utama JSP Asistia Semiawan, pihaknya sangat konsern untuk memupuk kesadaran para pekerja JSP terhadap kelestarian lingkungan. Apalagi perusahaan ini tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 dan ke depannya mengoperasikannya.

Dia menambahkan, serangkaian acara ini dibungkus dalam tajuk 'Only One Earth'. "Karena memang bumi ini hanya satu-satunya. Apa upaya kita untuk melindunginya itu sangat berarti," kata Asistia.

Acara ini sudah berlangsung sejak Ahad (5/6) dengan agenda menonton film bertema kelestarian lingkungan, dan pemadaman listrik selama satu jam. Adapun kegiatan hari ini menjadi puncak acara dengan beberapa aktivitas sekaligus.

Pada pagi hari, puluhan pekerja JSP melakukan aksi pungut sampah anorganik di sepanjang jalan yang menghubungkan lokasi pembangkit dengan fasilitas dermaga (jetty). Acara dilanjutkan dengen pelepasan puluhan ekor burung kacamata jawa (Zosterops flavus).

Burung yang juga dikenal sebagai Burung Mata Putih Jawa atau Pleci ini adalah burung endemik kawasan pantai di sekitar lokasi proyek PLTGU. Bahkan, gambar burung ini digunakan JSP sebagai maskot. "Akhirnya teman-teman yang bekerja di JSP bisa melihat langsung burung mungil ini," kata Asistia.

Tak hanya itu, jajaran direksi, manajemen, dan pekerja JSP melanjutkan acara dengan penanaman ratusan pohon bakau (mangrove) dan Ketapang (Terminalia catappa). Keberadaan tanaman ini diharap bisa menjaga kawasan pantai dari abrasi.

Proyek Independent Power Plant (IPP) Jawa-1 merupakan proyek yang mengintegrasikan fasilitas gas dengan pembangkit listrik. Paket integrasi itu terdiri dari PLTGU 1.760 MW, FSRU, pipa gas antara PLTGU dengan FSRU, dan jalur transmisi yang menyambungkan PLTGU dengan titik interkoneksi.

Proyek ini berlokasi di desa Cilamaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat. LNG yang dipasok oleh PLN akan diterima dan diregasifikasi di unit FSRU dan selanjutnya dialirkan dalam bentuk gas ke unit PLTGU Jawa-1 melalui pipa gas offshore dan onshore. Lalu, lstrik yang dihasilkan PLTGU Jawa-1 dialirkan ke gardu induk milik PLN di desa Sukatani, kabupaten Bekasi melaui transmission line sepanjang 52 km.

Adapun JSP merupakan perusahaan konsorsium dari PT Pertamina Power Indonesia (PPI) - subholding Power and New Renewable Energy dari PT Pertamina (Persero), Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation.

Sementara untuk pembangunan konstruksi dipercayakan kepada General Electric (GE), Samsung C&T (Samsung) dan PT Meindo Elang Indah (Meindo), termasuk pemeliharaan pembangkit listrik selama 25 tahun.