Home Ekonomi Minus 8 Persen, Bupati Cilacap Minta OPD Genjot Pelaksanaan Kegiatan Fisik APBD

Minus 8 Persen, Bupati Cilacap Minta OPD Genjot Pelaksanaan Kegiatan Fisik APBD

Cilacap, Gatra.com – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengakselerasi pelaksanaan kegiatan fisik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Pasalnya, hingga Mei 2022, capaian progres fisik pelaksanaan kegiatan APBD secara keseluruhan baru mencapai 40,88%. Sementara, target semula sebesar 48,88% atau minus sekitar 8%.

“Berdasarkan data yang disampaikan, progres fisik mencapai 40,88% dari target sebesar 48,88% masih minus 8%. Sementara dan untuk realisasi penyerapan belanja APBD (SP2D 24,55 % dan SPJ 24,42%),” katanya,

Hal tersebut disampaikan oleh Tatto dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor POK) yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, dikutip Sabtu (11/6).

Tatto juga mengingatkan kepada kepala OPD bahwa kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, sesuai dengan PMK No.198/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik batas akhir penyampaian persaratan Penyaluran DAK Tahap I ke KPPN adalah tanggal 21 Juli 2022.

“Untuk itu saya minta proses pengadaan barang dan jasa kegiatan DAK Fisik untuk segera diselesaikan. Serta segera input data kontrak pada aplikasi OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara) sehingga seluruh kegiatan DAK Fisik dananya dapat segera disalurkan dan pelaksanaan kegiatannya bisa terselesaikan secara tepat waktu,” jelas Tatto.

Tatto mengatakan, pelaksanaan Rakor POK Tahun Anggaran 2022 ini, merupakan kesempatan yang baik untuk mengevaluasi dan menyinambungkan seluruh jajaran OPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap.

“Ini pertama kalinya Rakor POK dilaksanakan secara langsung setelah pandemi datang. Saya harap dengan tatap muka ini, teman-teman OPD dan bapak ibu camat bisa semakin bersinergi dan meningkatkan kinerjanya terutama terkait anggaran kegiatan,” ujarnya.

Hadir dalam Rakor, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Wasi Ariyadi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Dian Setyabudi, Asisten Administrasi Umum Sumbowo, pimpinan OPD, serta Camat se-Kabupaten Cilacap.

1301