Home Sumbagsel LRT Palembang Kini Terkoneksi dengan BRT dan Oplet

LRT Palembang Kini Terkoneksi dengan BRT dan Oplet

Palembang, Gatra.com - Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini secara resmi terkoneksi dengan Bus Rapid Transit (BRT) dan Oplet.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan saat ini LRT di kota yang terkenal dengan ikon Jembatan Ampera tersebut sudah terkoneksi dengan BRT dan Oplet. Karena itu, Sumsel khususnya Palembang dinilai sangat layak untuk angkutan massal ini, sehingga harus digunakan dengan baik. “Masyarakat Sumsel harus bangga karena punya LRT, apalagi saat ini LRT sudah terkoneksi dengan BRT dan Oplet,” ujarnya di Palembang, Sabtu (11/6). 

Karena itu, Menhub Budi mengimbau khususnya bagi kaum muda untuk dapat memanfaatkan moda transportasi tersebut. Mengingat, para pelajar dan mahasiswa telah diberikan kemudahan kartu dengan Rp25 ribu per bulan untuk bisa menaiki moda transportasi yang sudah terkoneksi baik LRT, BRT dan Oplet.

“Saya pun berharap dalam mewujudkan gerakan kembali ke angkutan umum perlu dukungan semua pihak dengan terus mensosialisasikannya. Sebab, ini contoh pelayanan yang baik dan terkoneksi,” katanya.

Di tempat sama, Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan gerakan kembali ke angkutan umum terus diupayakan dan disosialisaikan. Kendati begitu, untuk mengubah cara gaya masyarakat di wilayahnya ini akan dilakukan secara bertahap, karena kebiasaan itu tak mudah untuk mengubahnya.

Dikatakannya, saat ini moda transportasi angkutan umum untuk masyarakat sudah sangat mudah aman dan nyaman. Dimana LRT sudah dikoneksikan dengan BRT dan Oplet. “Moda transportasi LRT kita koneksikan BRT dan Oplet, bahkan ini kita gratiskan dulu biar masyarakat merasakan gimana mudahnya, nyamannya naek LRT dengan terkoneksi BRT dan Oplet,” ujarnya.

Untuk itu, Deru juga mengajak masyarakatnya agar dapat menggunakan LRT yang sudah terkoneksi ini. “Khususnya wong Palembang untuk berpergian naik saja LRT karena Palembang ini sudah macet,” katanya.

Tak hanya itu, Deru juga sudah merencanakan pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) pada 1 Juli 2022 mendatang, para tamu yang datang ke Kota Palembang akan diwajibkan menggunakan LRT. “Jadi, tamu-tamu kita nanti diwajibkan naik LRT,” ujarnya. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS