Home Apa Siapa Intai Pakai ETLE, Sasaran Utama Knalpot Brong

Intai Pakai ETLE, Sasaran Utama Knalpot Brong

Karanganyar, Gatra.com-Penggunaan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dimaksimalkan selama operasi Patuh Candi 2022. Polisi lalu lintas menyasar pelanggaran dengan potensi menimbulkan lakalantas dan memicu keluhan masyarakat.

Tindakan memicu fatalitas dan kecelakaan lalu lintas itu seperti penggunaan ponsel saat berkendara, belum cukup umur kemudikan ranmor, berboncengan lebih dari satu orang, penggunakan helm yang tidak sesuai SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt. Penindakan juga akan dikenakan terhadap pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang kedapatan mengkonsumsi atau dalam pengaruh minuman keras, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Petugas dibekali perangkat ETLE untuk membantu mengenali identitas kendaraan bermotor sasaran penindakan.

"Penindakan pelanggaran dalam operasi ini fokus dilakukan dengan sistem digital melalui aplikasi ETLE Mobile” jelas Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo kepada wartawan usai apel gelar pasukan operasi patuh candi 2022 di Mapolres, Senin (13/6).

Kapolres menambahkan, , pihaknya juga akan mengambil tindakan tegas terhadap pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor yang selama ini masih nekat menggunakan knalpot tidak standar atau brong. Penggunaanya dikeluhkan masyarakat karena bersuara bising.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Yulianto, menyampaikan, dalam kegiatan operasi ini pihaknya menerjunkan sebanyak 59 personel yang tersebar ke sejumlah titik, termasuk di kawasan yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Operasi ini berlangsung 13-26 Juni 2022.

"Operasi Patuh Candi 2022 ini bersifat bergerak dengan patroli dan tidak statis, dimana penindakan pelanggaran dilakukan menggunakan kamera ETLE Mobile. Namun, penindakan secara langsung juga bisa saja dilakukan untuk pelanggaran yang sifatnya kasat mata. Maka kami selalu mengimbau kepada para pengguna jalan atau pengendara untuk selalu mentaati peraturan berlalu lintas," ungkapnya.

Pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022 ini juga turut didukung oleh sejumlah personel dari instansi terkait seperti Kodim 0727 Karanganyar, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Karanganyar.