Home Sumbagsel Temukan Hewan Ternak Diduga Kena PMK, Peternak Diimbau Lapor

Temukan Hewan Ternak Diduga Kena PMK, Peternak Diimbau Lapor

Palembang, Gatra.com - Bagi peternak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang menemukan tanda-tanda jika hewan ternak diduga terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diimbau untuk segera menghubungi petugas kota setempat.

Imbauan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang, Sayuti di Palembang, Ranu (15/6).

“Kalau ada peternak yang melihat tanda-tanda hewan yang terindikasi itu (PMK), kami imbau untuk segera mengontak nomor petugas Widodo Sepriyandi di nomor 082177622722 atau drh Renni Nurdiantini di nomor 082180019966,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta para peternak maupun penjual hewan ternak di kota yang terkenal dengan ikon Jembatan Ampera tersebut untuk mewaspadai tanda-tanda PMK pada hewan ternak berkuku genap/belah, seperti sapi, kambing, domba dan babi.

Menurutnya, PMK adalah penyakit yang menular yang disebabkan oleh virus. Dimana, jika hewan tersebut sakit gejalanya seperti demam tinggi (39 sampai 41 derajat celcius), kemudian air liurnya berlebihan dan berbusa.

Selain itu pula, sambungnya, adanya lepuh atau erosi di sekitar mulut, lidah, gusi dan puting. Kemudian, juga pincang dan luka pada kaki hingga sulit berdiri dan sesak napas.

“Itu tadi tanda-tanda pada hewan ternak yang terindikasi PMK. Jadi, kami ingatkan bila melihat hewan ternak yang seperti itu segera melapor,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS