Home Apa Siapa Operasi Patuh Candi, Kapolres Bagi-bagi Helm Anak

Operasi Patuh Candi, Kapolres Bagi-bagi Helm Anak

Kebumen, Gatra.com - Operasi Patuh Candi (OPC) tahun 2022 terus disosialisasikan pada masyarakat pengguna kendaraan roda dua dan empat. Kali ini, anggota Satlantas Polres Kebumen, Jawa Tengah, melakukan giat OPC di kawasan Tugu Lawet Kebumen, Rabu (15/6).

Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin terjun langsung dalam OPC simpatik di ikon Kebumen Kota itu. Ia memiliki terobosan tersendiri untuk menyosialisasikan keselamatan berkendara. Bagi anak-anak yang kedapatan tak memakai helm, Kapolres dengan ramah menasihati sekaligus memberikan helm secara cuma-cuma.

AKBP Burhanuddin menjelaskan bahwa, dalam kegiatan Operasi Patuh Candi 2022 ini, ia ingin menginformasikan kepada pengendara tentang pelanggaran yang menjadi sasaran, lengkap dengan sanksi yang akan diberikan serta efek yang ditimbulkan dari sebuah pelanggaran lalu lintas.

"Hari ini kami turun ke jalan untuk terus mensosialisasikan kepada pengguna jalan mengajak dan menghimbau mereka untuk tertib berlalu lintas serta tetap mematuhi prokes," terang pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Temamggung, Jawa Tengah ini.

Sedangkan Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Tejo Suwono menjelaskan, OPC dibalut dengan pembagian bingkisan, membagikan leaflet, pamflet dan sticker yang dipasang di kendaraan.

"Kegiatan kita kali ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas sehingga masyarakat bisa sadar dan tertib dalam berkendara di jalan," jelas AKP Tejo.

Ia menambahkan giat sosialisasi dan imbauan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2022, dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa" tertuang pada UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, UU Nomor 22 tahun 2009 tentang UULAJ dan Sprin Kapolres Kebumen Nomor: Sprin/726/VI/OPS.1.3/2022, tanggal 7 Juni 2022 tentang Perintah Operasi Patuh Candi Tahun Anggaraj 2022 Polres Kebumen.

"Harapannya, operasi ini digelar agar masyarakat lebih patuh dalam berlalu lintas. Sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan di Kebumen," ujar Tejo.

Operasi Patuh Candi 2022 dimulai sejak tanggal 13 Juni dan akan berakhir tanggal 26 Juni 2022. Ada tujuh target sasaran dalam Operasi Patuh Candi 2022 ini, yaitu pengendara di bawah umur, pengendara di bawah pengaruh alkohol dan pengendara yang melawan arus.

Kemudian, pengendara yang menggunakan handphone saat mengemudi, menggunakan helm tidak SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, serta berboncengan lebih dari satu orang.