Home Internasional Rusia Cekal 121 Pejabat dan Jurnalis Australia

Rusia Cekal 121 Pejabat dan Jurnalis Australia

Moskow, Gatra.com - Kementerian Luar Negeri Rusia menjatuhkan sanksi larangan berkunjung bagi 121 warga negara Australia pada hari Kamis. Mereka dituduh mempromosikan "agenda Russophobic." 

AFP, Kamis (16/6) melaporkan, dalam daftar secara individu yang terkena sanksi termasuk politisi dan jurnalis. Mereka diantaranya Panglima Angkatan Pertahanan Jenderal Angus Campbell, Kepala Angkatan Udara Mel Hupfeld, dan Kepala Angkatan Laut Michael Noonan, serta wartawan dari ABC News dan Sky News Australia. 

“Orang-orang dalam daftar itu dilarang memasuki Rusia tanpa batas waktu," kata Kemenlu Rusia.

Pihak kementerian Rusia mengatakan bahwa pembatasan itu merupakan tanggapan terhadap bertambahnya jumlah sanksi dari pemerintah Australia, sanksi terhadap warga Rusia.

Rusia mengumumkan larangan masuk terhadap 228 warga negara Australia dan 130 warga negara Selandia Baru pada bulan April, termasuk mantan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Gubernur Jenderal Selandia Baru Cynthia Kiro, dan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Langkah itu setelah Canberra dan Wellington memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas tindakan militer di Ukraina.
 

50