Home Milenial Bidik Talenta Komputasi Siswa SMK, Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan

Bidik Talenta Komputasi Siswa SMK, Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan

Jakarta, Gatra.com – Kegiatan simpul relawan tak melulu identik dengan aktivitas berbau politik. Tetapi juga aktivitas kemasyarakatan (sosial) dan aktivitas di bidang pendidikan (edukasi). Usai sukses menyelenggarakan lomba kejuruan siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ) se-Solo Raya pada Mei lalu, Sahabat Ganjar kembali menggelar lomba kejuruan siswa SMK TKJ Se-Jawa Timur.

Jawa Timur menjadi provinsi berikutnya untuk mencari talenta kejuruan siswa dengan harapan kegiatan menjadi ajang kompetisi sekaligus sarana motivasi siswa untuk berinovasi dan meningkatkan intelektualitas diri.

Dalam kegiatan betajuk “Mempersiapkan Kompetensi Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing pada Era Society 5.0” relawan Sahabat Ganjar berupaya memberikan wadah keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa sebagai bekal untuk memeroleh pekerjaan.

Dengan itu, lulusan dari SMK diharapkan siap memasuki dunia kerja. Selain itu, alumni SMK dapat mengembangkan profesionalitasnya dalam berkarir, memiliki jiwa kompetisi, dan mampu mengembangkan diri.

Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Jawa Timur, Bambang Wahyuono mengatakan, kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar dan berkompetisi bagi siswa-siswa di seluruh Indonesia.

“Harapannya kegiatan edukatif seperti ini akan terus diadakan sebagai penyalur bakat siswa dan memberikan kesempatan belajar sekaligus berkompetisi bagi siswa-siswa di seluruh Indonesia,” ujar Bambang.

Dalam lomba kejuruan siswa SMK TKJ yang diadakan di Garden Palace Hotel Kota Surabaya ini, seluruh siswa se-Jawa Timur berkumpul dan mempresentasikan hasil karyanya. Kegiatan diikuti oleh 20 tim dari berbagai daerah yang menyalurkan talenta kreatif melalui Lomba Kejuruan Siswa.

Zidni Alfian Barik, peserta lomba asal SMK Telkom Malang menyatakan, dirinya antusias mengikuti kegiatan tersebut. Selain mengasah bakat, lomba berbasis afektif-kompetensi itu juga menuntut siswa memiliki daya saing dan intusi memenangkan kompetensi.

“Lomba ini merupakan lomba yang menarik bagi semua siswa, khususnya saya sendiri karena praktiknya yang menggunakan mikrotik sebagai alat utama karena mikrotik dapat menjadi access point penghubung jaringan dan sebagainya. Saya mendapatkan banyak pengalaman di lomba ini. Harapan saya agar lomba ini menjadi lomba yang sehat,” ucap Zidni.

Peserta mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Sahabat Ganjar, dengan total hadiah mencapai Rp15.000.000.- disertai piala dan sertifikat yang menambah semangat peserta yang mengikuti kegiatan Lomba Kejuruan Siswa Sahabat Ganjar. Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil pemenang dan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta lomba kejuruan siswa SMK TKJ Se-Jawa Timur.