Home Hukum KoDe Inisiatif Luncurkan Buku Kritisi UU Nomor 2/2020

KoDe Inisiatif Luncurkan Buku Kritisi UU Nomor 2/2020

Jakarta, Gatra.com – Lembaga riset independen di bidang hukum, Konsitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif menggelar diskusi dalam rangka peluncuran buku “Konstitusionalitas Kebijakan Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19.” Acara tersebut diadakan pada Minggu (19/6) secara daring melalui Zoom. Disksusi buku itu juga dapat disaksikan secara langsung dalam saluran YouTube KoDe Inisiatif.

Karya tersebut merupakan sebuah upaya untuk mendokumentasikan dinamika dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 37/PUU-XVIII/2022 tentang judicial review UU Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan Menjadi UU.

“Buku ini merupkan hasil kerja sama antara KoDe Inisiatif dengan YAPPIKA-ActionAid, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia,” jelas salah satu penulisnya, Violla Reininda.

Dia lantas  menjelaskan proses-proses yang dilalui oleh tim penulis dalam penyusunan buku. Mereka melewati empat langkah yaitu eksaminasi putusan MK Nomor 37/PUU-XVIII/2020, penulisan buku, peninjauan penulisan buku (expert meeting), dan finalisasi penulisan.

Dalam proses eksaminasi tersebut, para penulis melibatkan tiga ahli dari berbagai bidang. Mereka adalah pengamat kebijakan publik yang juga eks-komisioner Ombudsman, Alamsyah Saragih; Yuna Farhan dari International Budget Partnership; serta Bivitri Susanti dari STHI Jentera.

Acara diskusi buku ini dipaparkan langsung oleh Violla. Selain pemapar, beberapa tokoh diundang sebagai penanggap dalam acara ini: Direktur PUSaKO Universitas Andalas, Feri Amsari; peneliti Indonesian Coruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana; Direktur CELIOS, Bhima Yudhistira; serta akademisi Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, Beni Kurnia Ilahi.

Buku ini rencananya akan disebarluaskan secara gratis berupa softcopy. Tautan untuk mengunduhnya dapat ditemukan dalam laman KoDe Inisiatif.

118