Home Teknologi Perbedaan Honda Civic Hybrid Vs Civic Reguler

Perbedaan Honda Civic Hybrid Vs Civic Reguler

Bangkok, Gatra.com - Akhir pekan lalu, Honda mulai menjual Civic e-HEV di Thailand. Ada dua varian yang ditawarkan yaitu e:HEV EL+ dan e:HEV RS. di Thailand keduanya ditawarkan dengan harga masing-masing 1,129 juta baht( Rp 476 jutaan) dan 1,259 juta baht (Rp 531 jutaan).

"Setelah memulai debut nya pada ajang Motor Show di Thailand kemarin, Honda Civic e:HEV mendapatkan respon yang sangat baik dari publik dalam kurun waktu dua setengah bulan. Hal ini juga sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri konsumen terhadap lini e:HEV dari Honda. Lini e; HEV dari Honda ini menggunakan full-hybrid system yang memberikan performa berkendara bertenaga sekaligus juga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat baik," kata Noriyuki Takakura, President and CEO Honda Automobile Thailand dikutip dari siaran pers, Jumat (17/6/2022)

Honda Civic dengan mesin hybrid ini melengkapi Civic bermesin reguler yang sudah dipasarkan lebih dulu. Meskipun menggunakan teknologi yang jauh lebih canggih, tampilan Civic hybrid terlihat sama saja dengan versi reguler. Berikut perbedaan versi hybrid dan versi reguler:

1. Menggunakan mesin hybrid

Jika versi reguler menggunakan mesin empat silinder 1,5 liter turbo, Civic e:HEV menggunakan mesin hybrid. Kedua varian e:HEV hadir dengan powertrain hybrid berteknologi i-MMD (intelligent Multi-Mode Drive) Honda. Kombinasi dari motor listrik yang memiliki tenaga 184 PS (181 hp atau 135 kW) dan torsi 315 Nm yang menggerakkan roda depan.

Sebagai pendamping motor listrik, Honda memilih menggunakan mesin empat silinder siklus Atkinson 2.0 liter. Mesin Atkinson memiliki karakteristik lebih efisien BBM meskipun dibawah mesin dengan siklus Otto. Mesin Atkinson ini menghasilkan tenaga 141 ps/139hp pada 6000rpm dan torsi 182 Nm/4000rpm.

2. Driving mode

Sistem i-MMD beroperasi hampir seperti EV, dengan motor listrik yang melakukan sebagian besar pekerjaan. Namun, pada kecepatan yang lebih tinggi, mesin dapat memberikan penggerak langsung melalui kopling pengunci untuk efisiensi yang lebih baik.

Varian hybrid mendapatkan mode drive Econ dan Normal yang sama dengan varian non-hybrid mereka. Bedanya, varian hybrid mendapat tambahan opsi Sport. Menurut Honda efisiensi BBM Civic e:HEV 25 km/liter.

3. Dimensi

Dimensi Civic Hybrid dan versi reguler nyaris sama, yaitu panjang (4.678 mm), lebar (1.802 mm) dan tinggi (1.415 mm). Bedanya wheelbase sedikit lebih panjang yaitu 2.734 mm, bukan 2.733 mm. Ground clearance versi hybrid 128 mm, bukan 126 mm seperti pada versi reguler. Versi hybrid juga lebih berat, 1.412-1.429 kg dibandingkan versi reguler yang 1.312-1.319 kg. Kapasitas tangki bahan bakar juga berbeda. Versi hybrid bisa membawa 40 liter, reguler 47 liter.

Secara visual, kedua tipe ini juga nyaris identik. Pembedanya, versi hybrid memiliki nuansa warna biru pada logo Honda. Juga desain alloy wheel yang berbeda. Dan tentu saja badge e:HEV.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS