Home Olahraga Manhik United, Runner-up Liga Santri Zona Jateng Incar Piala KASAD

Manhik United, Runner-up Liga Santri Zona Jateng Incar Piala KASAD

Kendal, Gatra.com - Manhik United, runner-up Liga Santri Nusantara zona Jawa Tengah (Jateng) tahun 2018 menargetkan dapat menjuarai Liga Santri Nusantara Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) tahun 2022. Target ini disampaikan saat tim dari Ponpes Manbaul Hikmah Mororejo Kaliwungu, mengikuti seleksi, mewakili Kabupaten Kendal di liga tingkat Jawa Tengah.

Seleksi dikemas dalam Liga Dandim Cup 2022 di Stadion Utama Kendal, Senin (20/6) sore. 

Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah KH Basyarrohman menuturkan, ponpes yang diasuhnya memiliki ribuan santri menjadikan sepakbola sebagai sebuah pelajaran ekstra. 

"Ya jadi, selain ayo ngaji ya ayo bal-balan (sepakbola)," katanya saat pembukaan Liga Dandim Kendal Cup.

Sebagai persiapan dalam mengarungi Liga Santri Nusantara, tim di bawah asuhannya kerap bermain antar kampung atau tarkam. 

"Dengan persiapan itu kita targetkan bisa juara pada Liga Santri Nusantara Piala KASAD," tandasnya.

Dia berharap, jika juara itu luput dari tangan Manhik United, setidaknya ada tim lain dari ponpes lain di Kendal yang bisa menjadi juara pada bergulirnya liga santri kali ini. 

"Harapannya sama dengan harapan Bupati Kendal yang pernah disampaikan kepada saya agar ada tim dari Kendal yang lolos ditingkat nasional," ungkapnya.

Dandim Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii mengatakan, liga yang digelar merupakan sebuah turnamen yang sesuai dengan perintah KASAD untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme pada seluruh santri.

Laga yang digelar berjenjang karena pemenangnya akan bermain ditingkat provinsi hingga tingkat nasional, diikuti 6 klub dari berbagai daerah di Kendal. 

Dandim mengungkapkan, sebenarnya banyak ponpes yang berminat untuk turut berpartisipasi dalam liga ini. Namun mereka terpaksa tidak bisa mengikuti karena terbentur regulasi yang telah ditetapkan.

"Ponpes-ponpes yang lain mereka juga punya tim sepakbolanya, namun kita dibatasi, karena ada yang umurnya melebihi dari ketentuan. Yang memenuhi persyaratan hanya 6 tim," ungkapnya.

Bergulirnya Liga Dandim Kendal Cup ini disemarakkan dengan sebuah pertandingan sepakbola eksibisi antara tim Pemkab Kendal FC melawan tim Kodim FC. 
Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam laga tersebut didapuk jadi kapten dari tim Pemkab Kendal.

Terkait dengan Liga Santri Nusantara, Dico mengatakan, tim terbaik dari liga ini akan mewakili Kabupaten Kendal di ajang tingkat provinsi. 

"Siapapun nanti yang lolos menjadi wakil Kendal, akan terus kita dampingi dan kita bimbing sampai ajang berikutnya," katanya.

 

324