Home Pendidikan Prof Dr S Martono MSi Terpilih Menjadi Rektor UNNES Periode 2022-2026

Prof Dr S Martono MSi Terpilih Menjadi Rektor UNNES Periode 2022-2026

Semarang, Gatra.com – Prof Dr S Martono Msi terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2022-2026. Guru besar bidang ilmu manajemen ini unggul dari dua kandidat lain saat pemungutan suara dalam rapat senat UNNES, Rabu (21/6).

Prof Dr S Martono mendapat 87 suara. Adapun Dr Amir SPd MSi memperoleh 6 suara, dan Dr dr Mahalul Azam MKes 5 suara. “Dengan perolehan suara tersebut calon Rektor UNNES terpilih adalah Prof Dr S Martono,” ujar Ketua Senat UNNES Dr Ir Sucipto MT IPM diampingi oleh Sekretaris Senat Dr Arif Pumomo SPd SS MP.

Baca Juga:

UNNES Panen Profesor, 2 Hari Kukuhkan 6 Guru Besar

Penetapan hasil pemungutan suara oleh Senat UNNES menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan Rektor Periode 2022 -2026. “Calon Rektor UNNES terpilih rencananya akan dilantik pada tanggal 26 Oktober 2022 mendatang,” jelas Sucipto.

Ketiga kandidat sendiri berebut 98 suara. Jumlah itu terbagi dari suara senat UNNES sebanyak 64 suara, dan 34 suara dari Menteri.

Sementara Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan selamat kepada Prof Dr S Martono MSi sebagai calon Rektor UNNES terpilih periode 2022-2026. Prof Fathur mengatakan rektor yang terpilih merupakan putra terbaik UNNES yang telah melalui proses penjaringan dan penyaringan ketat sehingga diberi kepercayaan dan amanah baru menahkodai kampus ini.

“Semoga amanah tersebut dapat dijaga dan ditunaikan dengan baik, mampu mengantar UNNES mencapai prestasi terbaiknya sebagai universitas berkelas dunia kebanggaan Indonesia,” ujarnya.

Prof Fathur menambahkan, ke depan tantangan perguruan tinggi semakin besar dan perjalanan UNNES dalam berkontribusi memajukan negeri juga masih panjang.

Selain perubahan besar yang dibawa oleh era disrupsi, perguruan tinggi juga memiliki tantangan besar dalam mempersiapkan diri dalam proses transformasi yang panjang. “Kita ingin memastikan UNNES berkontribusi semakin besar dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Dalam konteks itulah kepemimpinan menjadi sangat penting,” terang Fathur.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman Mhum (dua dari kiri) bersama Prof Dr S Martono Msi, dan pimpinan senat. (Dok.UNNES)

Menurut Prof Fathur kepemimpinan yang tangguh, cerdas, dan ikhlas akan membawa UNNES mampu mengarungi lautan luas sehingga sampai pada tujuan yang dicita-citakan bersama.

Hadir secara langsung kuasa Menteri Pendidikan Kebudayaan Kebudayaan Riset dan Teknologi Dr Ir Mustangimah MSi Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendikbudristek.

Turut hadir perwakilan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yakni Dini Indrawati Simbolon SH MH Kepala Subbagian Tata Usaha, Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendikbudristek.

Koordinator Hukum, Tata Laksana, dan Kepegawaian Kemendikbudristek , Suwitno SE, dan Andi Irawan SIP MM, Subkoordinator Kepegawaian Kemendikbudristek.

244