Home Kebencanaan Lampu Otomatis Korslet, Bangunan Dua Lantai Lantak

Lampu Otomatis Korslet, Bangunan Dua Lantai Lantak

Kudus, Gatra.com – Lampu otomatis diduga menjadi penyebab kebakaran sebuah rumah dua lantai di Desa Tumpang Krasak Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (22/6).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Rinaldi Budiyanto mengatakan, rumah tersebut merupakan milik Sri Rahayu warga setempat. Sebesar 60 persen rumah itu mengalami kerusakan akibat musibah ini.

“Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik, yakni lampu otomatis yang menyala 24 jam tanpa henti,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com.

Sedikitnya enam armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah di lokasi. Setelah petugas berjibaku dalam kurun waktu satu setengah jam, api dapat dipadamkan total.

“Kami menerima laporan pukul 12.05 WIB. Pemadaman selesai sekira pukul 13.30 WIB,” jelasnya.

Menurut keterangan korban, lanjut Rinaldi, melihat asap di ruang tamu. Api cepat menyebar dan melalap ruang di lantai satu dan dua.

“Awalnya pemilik rumah melihat asap di ruang tamu kemudian mengecek ternyata api sudah membesar dan merambat ke seluruh bangunan rumah,” terangnya.

Ditambahkan, estimasi sementara kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai Rp100 juta lebih. Meski begitu tercatat tidak ada korban jiwa.