Home Internasional Pengadilan Ukraina Sita Harta Tokoh Oposisi Zelensky

Pengadilan Ukraina Sita Harta Tokoh Oposisi Zelensky

198

Kyiv, Gatra.com - Pengadilan Ukraina menyita barang-barang mewah milik politisi oposisi Ukraina Viktor Medvedchuk. Sejumlah koleksi bernilai tinggi seperti lukisan, jam tangan dan cangkir ikut serta menjadi barang sitaan.

"Hakim mengabulkan permohonan Jaksa Agung Irina Venediktova dan menyita properti tersangka Medvedchuk, yang ditemukan selama penggeledahan pada 7 Juni di rumah dan di sebidang tanah miliknya." tulis laporan Kejakasaan sebagaimana dilansir RIA Novosti pada Rabu (22/6).

Sebelumnya, pada pertengahan April lalu, Biro Investigasi Negara Ukraina mengumumkan penyitaan apartemen, rumah, mobil, bidang tanah milik Medvedchuk. Tak hanya itu, sang istri, Oksana Marchenko turut ikut ditahan.

Untuk diketahui, Medvedchuk merupakan pemimpin partai oposisi terbesar Ukraina, "Opposition Platform – For life". Dirinya ditangkap oleh pihak keamanan Ukraina pada April lalu.

Pada 8 Oktober 2021, otoritas Ukraina menuduh Medvedchuk telah melakukan tindakan pengkhianatan kepada negara dan mensponsori aski terorisme. Menurut kepala Badan Intelijen Ukraina (BSU), pada tahun 2014 Medvedchuk telah mengorganisir pasokan batubara dari wilayah Donbas yang dikuasai kelompok separatis.

Di samping itu, Medvedchuk juga dikaitkan dengan kasus penggelapan sumber daya nasional di wilayah Krimea. Medvedchuk sendiri menyatakan bahwa kasus yang diarahkan kepadanya murni bermuatan politis.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS