Home Sumbagsel Tekan Polusi Udara di Palembang, DLHP Gelar Uji Emisi Kendaraan

Tekan Polusi Udara di Palembang, DLHP Gelar Uji Emisi Kendaraan

Palembang, Gatra.com - Guna menjaga kualitas udara di Kota Palembang, Gojek, layanan on-demand ekosistem GoTo menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar uji emisi untuk ratusan kendaraan mitra GoCar di kota setempat.

Upaya Gojek melaksanakan operasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan melalui komitmen Tiga Nol (Nol Emisi, Nol Sampah dan Nol Hambatan), secara bertahap tersebut berlangsung di Kantor DLHP Provinsi Sumsel di Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Kamis (23/6).

Kepala DLHP Provinsi Sumsel, Edward Candra, mengatakan uji emisi yang berkolaborasi dengan Gojek tersebut untuk menjaga kualitas gas buang, sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah. Kegiatan ini juga bersamaan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni silam setiap tahunnya.

“Kualitas lingkungan dan udara yang kita hirup itu sangat penting, bukan cuma untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi, juga menentukan kualitas manusia yang ada di dalamnya,” ujarnya, Kamis (23/6).

Edward mengatakan akan menjalankan uji emisi secara berkala sebagai upaya untuk menjaga kualitas gas buang kendaraan ini masih berada dalam koridor yang aman, dan sesuai dengan aturan pemerintah.

“Gojek sebagai salah satu aplikator transportasi online, tentu saja juga jadi bagian dari upaya untuk menjaga kualitas udara di Palembang. Inisiatif ini juga jadi sebuah langkah penting untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan demi masa depan,” katanya.

Kegiatan uji emisi ini adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan antara Gojek dengan DLHP Provinsi Sumsel. Dalam kegiatan ini, para mitra yang diuji kendaraannya masuk dalam antrian uji emisi secara bergantian. Pengujian ini sendiri akan dilakukan tim teknis DLHP provinsi setempat dan hasilnya akan secara instan akan langsung diketahui, apakah kendaraan berada dalam ambang emisi yang aman atau perlu diperbaiki.

Sementara itu, Head Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Kenn Lazuardhi Syarnubi, mengatakan sustainability selalu menjadi hal utama untuk Gojek, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola dalam cara perusahaan beroperasi dan bertumbuh sebagai perusahaan.

Dijelaskannya, target Tiga Nol tersebar di keseluruhan organisasinya dan mendorong semua pihak di Gojek untuk melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional, dan ekosistem pihaknya yang lebih luas. Membangun platform yang sepenuhnya sirkular dan berinvestasi dalam pertumbuhan karyawan dan mitra Gojek untuk menjadi perusahaan yang inklusif.

“Beriringan dengan program Pemprov Sumsel dalam Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum untuk menekan emisi gas buang, Gojek turut mendukung program tersebut melalui uji emisi untuk kendaraan mitra roda empat kami,” katanya.

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo atau Perusahaan GOTO), ekosistem digital terbesar di Indonesia pada 3 Juni lalu mengumumkan telah memperluas komitmen Tiga Nol di seluruh ekosistemnya, membentuk pendekatan dan strategi yang terkonsolidasi bagi perusahaan guna mencapai tujuan keberlanjutannya secara bersama-sama.

Berdasarkan penilaian materialitas yang dilakukan untuk Gojek pada tahun 2021 lalu, Perusahaan pun telah memperluas cakupannya kepada Tokopedia dan GoTo Financial, menciptakan tolok ukur dan serangkaian prioritas yang jelas untuk seluruh ekosistem GoTo.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS