Home Teknologi Pelanggan Menurun, Netflix PHK Lagi 300 Karyawan

Pelanggan Menurun, Netflix PHK Lagi 300 Karyawan

57

Los Angeles, Gatra.com – Netflix pada Kamis (23/6) mengumumkan bahwa mereka memberhentikan 300 karyawan dalam putaran kedua PHK. Hal itu dilakukan oleh pihak Netflix lantaran kehilangan pelanggan dalam jumlah yang besar untuk pertama kalinya.

Jika dipersentasikan, pemberhentian tersebut sekitar empat persen dari tenaga kerja raksasa layanan streaming tersebut, dimana sebagian besar memengaruhi karyawan AS. Hal ini terjadi setelah perusahaan sebelumnya memangkas 150 pekerja bulan lalu.

“Sementara kami terus berinvestasi secara signifikan dalam bisnis ini, kami membuat penyesuaian sehingga biaya kami tumbuh sejalan dengan perlambatan kami," ujar pihak Netflix dilansir dari The Guardian.

Pada Februari lalu, Netflix mengatakan telah kehilangan 200.000 pelanggan secara global di awal 2022. Mereka juga memproyeksikan penurunan dua juta pengguna pada kuartal mendatang.

Perusahaan menyebutkan bahwa penurunan pelanggan ini bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk meningkatnya persaingan, ekonomi, perang di Ukraina, dan sejumlah besar pelanggan yang berbagi akun dengan mereka yang tidak membayar.

PHK bulan lalu juga sebagian besar mempengaruhi tenaga kerja perusahaan AS. Para advokat dan mantan karyawan mengatakan bahwa banyak karyawan yang diberhentikan merupakan dari kelompok yang kurang terwakili, termasuk kelompok kulit hitam dan kulit berwarna lainnya. Walau demikian, Netflix menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk tetap menjunjung nilai inklusi baik di layar, di belakang layar, maupun dalam tim tenaga kerjanya.

Untuk mengimbangi kerugian akibat penurunan pelanggan, Netflix mempertimbangkan menambahkan iklan ke layanan nonton tersebut. Dengan demikian, mereka menyatakan, biaya berlangganan akan lebih rendah. Sebuah strategi yang selama ini ditentang oleh Netflix sendiri.

Pada Kamis, Co-CEO Netflix, Ted Sarandos mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan beberapa perusahaan untuk kemitraan periklanan. Laporan sejumlah media awal pekan ini mengatakan Netflix sedang dalam diskusi dengan Alphabet, selaku induk perusahaan Google, juga dengan NBCUniversal Comcast untuk potensi ikatan pemasaran.

"Kami sedang berbicara dengan mereka semua sekarang," kata Sarandos pada konferensi Cannes Lions ketika ditanya perusahaan mana yang ingin bermitra dengan Netflix.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS