Home Olahraga Puluhan Ribu Suporter Melintas Sukoharjo, Pengawalan Ketat

Puluhan Ribu Suporter Melintas Sukoharjo, Pengawalan Ketat

Sukoharjo, Gatra.com - Puluhan ribu suporter PSIS Semarang dan PSS Sleman melintas di Segitiga Mas, Jum'at (24/6/2020) malam. Dua klub sepakbola tersebut bakal bertanding dalam Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, pada pukul 20.30 WIB. 

Dari pantauan di Simpang Tiga Tugu Kartasura, para suporter PSS Sleman melintas sekitar pukul 18.40 WIB. Ribuan suporter tersebut langsung diarahkan petugas ke arah Kleco menuju stadion. Mayoritas para suporter ini menggunakan sepeda motor lengkap dikawal petugas kepolisian. 

Sementara itu dari pantauan di Simpang Tiga Ngasem, Kartasura, iring-iringan suporter PSIS Semarang melintas sekitar pukul 19.00 WIB. Rombongan diarahkan melintas ke Colomadu Karanganyar menuju stadion. Mereka terlihat menggunakan ribuan sepeda motor, puluhan truk, dan puluhan mobil pribadi.

Tak lupa para suporter dari PSIS Semarang dan PSS Sleman membawa atribut dan bendera kebanggaan. 

"Terima Kasih Pak Polisi," ucap para suporter.

Ucapan tersebut langsung dibalas petugas dengan menggunakan pengeras suara "Selamat Datang di Solo, Jaga Kondusifitas". 

Pengawalan ketat dilakukan personil gabungan dari tiga wilayah, yakni Sukoharjo, Boyolali dan Karanganyar.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan bahwa pengamanan pertandingan Piala Presiden pada Jum'at (24/06/2022) berbeda dibanding sebelumnya. Sebab dalam pertandingan terakhir antara PSIS Semarang dan Persis Solo, terjadi sedikit gesekan antar suporter di luar stadion. 

Kami bekerjasama dengan Jajaran Polres se Solo Raya agar pertandingan berjalan dengan lancar dan kondusif. Polres Sukoharjo sendiri mengamankan rute suporter yang melewati wilayah Sukoharjo. Kami siagakan personel dari awal hingga suporter kembali ke daerahnya masing-masing, katanya.

Dalam laga ini, Polres Sukoharjo menerjunkan 250 personel. Mereka bertugas untuk pengamanan rute dan pengawalan suporter yang melintasi wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo saat ditemui di Simpang Tiga Ngasem menyampaikan, 270 personel gabungan telah diterjunkan Polres Karanganyar untuk melakukan pengamanan pada pertandingan kedua ini.

"Jadi untuk suporter dari arah Boyolali kita arahkan melewati basecamp, pertigaan Ngasem belok kiri dan baru ke Colomadu, untuk kendaraan biasa kita tetapkan ke arah Kartasura," ucapnya.

Danang menyebut, pengawalan lebih ditingkatkan ini lantaran ada tambahan tiket masuk yang disiapkan panitia.

"Kalau melihat tiket kemarin dari panitia menyampaikan bahwa tiket yang disiapkan untuk PSIS Semarang kurang lebih delapan ribu hingga sepuluh ribu, jadi ada peningkatan jumlah suporter, bisa dikatakan tuan rumah," terangnya.

Danang menambahkan, pengawalan bakal dilakukan hingga pertandingan selesai. Sedangkan sesuai informasi dari Semarang, dilaporkan ada sekitar 40 kendaraan roda empat dan sekitar 700 sepeda motor.

"Pengawalan dari 91 92, jadi depan belakang, kanan kirinya kita apit," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS