Home Info Kementrian Mensos Kobarkan Semangat Wirausaha

Mensos Kobarkan Semangat Wirausaha

Malang, Gatra.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini membakar semangat para penerima manfaat yang hadir di Pendopo Kabupaten Malang, Sabtu (25/06). Dengan nada oratorik, Mensos memacu motivasi mereka agar berani merubah nasib.

Untuk membangkitkan semangat, Mensos memutar video Gading, anak dengan disabilitas ganda. Gading berjalan dengan merangkak, badannya tidak bisa tegak dan suaranya tidak jelas. Kemensos membantu memberikan Gading sepeda motor roda tiga, untuk berjualan minuman sachet keliling Kota Pekalongan.

“Saat ini omset Gading meningkat. Sehari bisa mencapai Rp 200 ribu. Saya tanya Gading bulan Mei lalu sudah bisa belikan orangnya motor seharga Rp 18 juta. Tabungannya sekarang sudah Rp 30 juta,” kata Mensos dalam acara Sosialisasi Penguatan Perekonomian Subsisten sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Pendopo Kabupaten Malang (25/06).

Kepada sebanyak 1.500 KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang hadir di pendopo maupun melalui aplikasi zoom, Mensos meminta mereka mengambil pelajaran dari sosok Gading. Dengan segala keterbatasan, Gading mempu merubah nasib.

Ia berharap ibu-ibu dengan kondisi fisik sempurna untuk dapat meraih sukses melebihi Gading. “Ibu-ibu mempunyai tangan lengkap, beda dengan Gading. Kita mempunyai suara sempurna, beda dengan Gading. Nah kalau kita tidak mengoptimalkan pemberian Tuhan, namanya khufur nikmat,” kata Mensos.

Dia mengajak ibu-ibu KPM PKH di Malang mengembangkan kemampuan berwirausaha. “Saya punya ibu-ibu di Surabaya yang sebelumnya bukan siapa-siapa sekarang menjadi miliarder. Ibu juga pasti bisa. Tapi sebelumnya harus sanggup berkerja keras. Sanggup?!! Ibu-ibu sanggup??!!” Mensos menantang ibu-ibu.

“Sangguuupp!!” kata mereka serempak.

Mensos menjelaskan, Kemensos akan bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Pemkab Malang menyelenggarakan program pemberdayaan sosial. Sasarannya adalah 2.500 penerima bantuan sosial di Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang.

Kegiatan ini bertujuan mendorong kemandirian finansial dan meningkatkan kesejahteraan KPM PKH secara bertahap. Mereka diharapkan dapat segera tergraduasi dari program PKH selama 6 bulan ke depan. ***

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR