Home Info Kemenhan Kunjungan ke Kamboja, Menhan Prabowo Singgung Perdamaian Dunia

Kunjungan ke Kamboja, Menhan Prabowo Singgung Perdamaian Dunia

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mengikuti rangkaian kegiatan 16th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) yang berlangsung pada 22 Juni 2022 di Phnom Penh, Kamboja. Namun sebelumnya, dalam lawatannya ke Kamboja, Menhan Prabowo bertemu dengan sejumlah tokoh di Kambojo, termasuk dengan Wakil Perdana Menteri (PM) yang juga sekaligus sebagai Menhan Pemerintah Kamboja H.E. General Samdech Pichey Sena Tea Banh, pada Selasa, 21 Juni 2022 di Kementerian Pertahanan Kamboja.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyoroti kesamaan pandangan Indonesia dan Kamboja dalam mendukung stabilitas perdamaian dunia. Pertemuan yang hangat antara kedua menteri tersebut diawali dengan jajar kehormatan dan disambung dengan diskusi terkait kerja sama pertahanan RI dan Kamboja dan isu lainnya terkait pertahanan keamanan dunia.

“Dalam masalah regional dan internasional, Indonesia dan Kamboja memiliki kesamaan pandangan untuk perdamaian dunia,” kata Menhan Prabowo. “Bagi Indonesia, negara Kamboja adalah saudara kami,” sambungnya. Ia pun menyampaikan apresisasi kepada Kamboja yang telah menjadi tuan rumah dari kegiatan ADMM dan Pertemuan Informal Menteri Pertahanan Asean-Jepang 2022.

“Indonesia mendukung penuh pertemuan strategis ini dan akan belajar dari kepemimpinan Kamboja,” ujar Menhan Prabowo. Menhan Prabowo kemudian mengundang personel Angkatan Bersenjata Kamboja untuk belajar di Universitas Pertahanan RI sebagai bagian dari wujud kerja sama pertahanan bidang pendidikan.

Sementara itu, Menhan Kamboja menyampaikan apresiasi atas kedatangan Menhan Prabowo dan juga berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap pemerintah Kamboja, khususnya angkatan bersenjata Kamboja dalam bidang pendidikan dan latihan serta bidang lainnya.

Selain bertemu dengan Menhan Pemerintah Kamboja, dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Menhan Prabowo juga berkesempatan mengunjungi Satuan Komando Pasukan Khusus (Special Forces Command/Kopassus) Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja yang mengikuti pendidikan Kopassus TNI AD di Markas Kopassus Kamboja.

Kunjungan Menhan Prabowo disambut oleh Wakil Panglima Angkatan Darat, Komandan Komando Pasukan Khusus Kerajaan Kamboja LG Chhab Peakdey. Pekik “Komando” dan yel-yel Batujajar pun bergema saat Menhan Prabowo disambut di Markas Kopassus Kamboja tersebut.

Menhan Prabowo yang juga pernah terjun melatih langsung anggota Kopassus Kamboja yang mengikuti pendidikan di Kopassus TNI AD merasa gembira dan bangga melihat kemajuan angkatan bersenjata Kamboja khususnya Kopassus Kamboja.

“Saya bangga hari ini diterima di Special Forces Command Royal Cambodian Armed Forces. Saya yakin Special Forces Command akan terus menjadi pasukan yang handal dan unggul, yang akan membela bangsa dan rakyat Kamboja. Komando!” ujar Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo pun berharap dapat terus meningkatkan kerja sama antara TNI dengan Satuan Kopassus Kamboja.

Menhan Prabowo juga menekankan bahwa selalu menganggap Bangsa Kamboja adalah saudara dekat Bangsa Indonesia dengan ikatan sejarah yang panjang. Kerja sama bilateral kedua negara juga senantiasa terbina dengan baik seiring waktu.

“Hubungan kerja sama bilateral pertahanan kedua negara sangat penting bagi Indonesia. Semakin Kamboja kuat dan makmur berarti ASEAN akan makin makmur, dan Indonesia akan menjadi tenang karena negara tetangganya kuat dan makmur,” tegas Menhan Prabowo.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS