Home Teknologi Mumi Bayi Mamut Berbulu Wol Akhirnya Ditemukan, Kondisinya Hampir Lengkap

Mumi Bayi Mamut Berbulu Wol Akhirnya Ditemukan, Kondisinya Hampir Lengkap

Yukon, Gatra.com -- Beberapa orang penambang emas menemukan sebuah mumi mamut berbulu ketika sedang menambang di lapisan es. Dilansir dari CNN pada Minggu (26/6), para ahli menyebut penemuan ini sebagai sebuah penemuan mamut berbulu paling lengkap yang ditemukan di Amerika Utara.

Menurut rilis berita dari pemerintah Yukon, penambang yang bekerja di ladang emas Klondike, Yukon, Kanada, menemukan mumi bayi mamut berbulu wol yang beku di wilayah tradisional Tr'ondëk Hwëch'in.

Sesepuh dari Tr'ondëk Hwëch'in, kelompok pribumi pertama yang telah tinggal di sepanjang Sungai Yukon selama ribuan tahun, menamai mumi bayi mamut itu sebagai “Nun cho ga”, yang berarti "bayi hewan besar" dalam bahasa Hän.

Kepala Tr'ondëk Hwëch'in, Roberta Joseph, menyebut penemuan itu sebagai penemuan yang luar biasa. "Kami berharap dapat berkolaborasi dengan pemerintah Yukon pada langkah selanjutnya dalam proses untuk bergerak maju dengan sisa-sisa ini dengan cara yang menghormati tradisi, budaya, dan hukum kami. Kami berterima kasih kepada sesepuh yang telah membimbing kami sejauh ini dan nama yang mereka berikan," kata Joseph.

Pemerintah Yukon memberikan beberapa fakta terkait bayi mammoth ini. Uji cepat mamut berbulu ini menunjukkan betina dan berukuran kira-kira sama dengan mumi bayi mamut berbulu Lyuba yang ditemukan di Siberia pada 2007.

Ahli geologi dari Yukon Geological Survey dan University of Calgary menunjukkan bahwa Nun cho ga mati dan membeku di lapisan es selama zaman es (ice age), berusia lebih dari 30.000 tahun. Peninggalan zaman es yang menakjubkan ini memberikan gambaran yang sangat mendetail tentang masa ketika Nun cho ga menjelajahi Yukon bersama kuda liar, singa gua, dan bison stepa raksasa.

Penemuan Nun cho ga menandai mumi mamut berambut wol pertama yang hampir lengkap dan terawetkan dengan baik yang ditemukan di Amerika Utara.

Keberhasilan pemugaran Nun cho ga ini merupakan kerja sama antara penambang, Tr'ondëk Hwëch'in dan Departemen Lingkungan Pemerintah Yukon, Yukon Geological Survey, dan Program Paleontologi Yukon.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS