Home Internasional G7 Setuju Membatasi Harga Minyak Rusia

G7 Setuju Membatasi Harga Minyak Rusia

Schloss Elmau, Gatra.com - Kelompok Tujuh (G7) telah sepakat untuk menjajaki penerapan larangan pengangkutan minyak Rusia yang telah dijual di atas harga tertentu. 

“Kami mengundang semua negara yang berpikiran sama untuk mempertimbangkan bergabung dengan kami dalam tindakan kami,” kata para pemimpin G7 dalam komunike tersebut, dikutip Reuters, Selasa (28/6).

Perang di Ukraina dan kejatuhan ekonominya yang dramatis, khususnya inflasi pangan dan energi yang melonjak, telah mendominasi pembicaraan dalam pertemuan puncak kelompok negara demokrasi kaya tahun ini, di sebuah resor kastil di Pegunungan Alpen Bavaria.

G7 memandang perlunya memberikan batas harga sebagai cara untuk mencegah Moskow mengambil untung dari invasinya ke Ukraina, sehingga telah menaikkan harga energi secara tajam, mengambil bagian dari upaya Barat untuk mengurangi impor minyak dan gas Rusia.

Badan Energi Internasional mengatakan dalam laporan bulanan Juni, pendapatan ekspor minyak Rusia malah naik pada bulan Mei bahkan ketika volume turun.

“Para pemimpin G7 juga sepakat untuk menekan larangan impor emas Rusia sebagai bagian dari upaya untuk memperketat sanksi terhadap Moskow, “kata seorang pejabat Uni Eropa, Selasa.

Perang Rusia-Ukraina, yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi, telah memasuki bulan kelima tanpa tanda-tanda akan mereda.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS