Home Internasional Kremlin: Rusia akan Akhiri Invasi jika Ukraina Meletakan Senjata

Kremlin: Rusia akan Akhiri Invasi jika Ukraina Meletakan Senjata

Moskow, Gatra.com - Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa Rusia akan mengakhiri perangnya di Ukraina segera setelah Kyiv menyerah dan meletakkan senjatanya. 

Pernyataan itu diungkapkan ketika para pemimpin Barat (G7) mencari cara baru untuk meningkatkan tekanan ekonomi di Moskow.  

"Pihak Ukraina dapat mengakhiri segalanya sebelum akhir hari ini," kata Menlu Dmitry Peskov seperti dikutip kantor berita TASS. 

"Perintah agar unit-unit nasionalis meletakkan senjata mereka diperlukan," katanya. Ia menambahkan bahwa Ukraina juga harus mematuhi daftar tuntutan dari Moskow.

Pernyataan Peskov dikomentari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Senin di KTT G7 yang sedang berlangsung. Ia malah mendesak Barat untuk membantu Ukraina mengakhiri perang "sebelum musim dingin tiba." 

Para pemimpin G7 berjanji untuk mendukung Kyiv "selama yang dibutuhkan" dan mempertimbangkan lebih banyak tindakan hukuman terhadap ekonomi Rusia.

Peskov mengatakan Rusia tidak memiliki batas waktu kapan "operasi militer khusus" akan berakhir, dan menggambarkan pernyataan Zelensky hanya sebagai "pikiran dari kepala negara Ukraina." 

“Kami hanya dipandu oleh pernyataan yang dibuat oleh presiden kami [yang mengatakan bahwa] operasi militer khusus berjalan sesuai rencana, dan mencapai tujuan yang ditetapkan,” kata Peskov.

Presiden Vladimir Putin melancarkan apa yang dia sebut sebagai "operasi militer khusus" untuk "demiliterisasi dan denazifikasi" Ukraina pada 24 Februari.

Perang terus berlarut-larut selama empat bulan, dengan pertempuran sengit terkonsentrasi di Ukraina timur setelah upaya Rusia merebut Kyiv.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS