Home Sumbagteng Cegah Virus Menular, Pemkab Inhu Bentuk Tim Gugus Tugas

Cegah Virus Menular, Pemkab Inhu Bentuk Tim Gugus Tugas

Indragiri Hulu, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, kini mulai membentuk tim gugus tugas, untuk mengatasi dan melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Pembentukan tim gugus tugas itu dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu, Hendrizal, bersama Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Inhu Paino serta di ikuti, jajaran Forkopimda, serta OPD Terkait, Rabu (29/6).

Hendrizal menjelaskan pembentukan gugus tugas tersebut senada dengan langkah konkret pemerintah untuk mengatasi penyakit menular pada hewan ternak, yang dapat merugikan peternak yang ada, terlebih menjelang perayaan hari raya Iduladha. 

"Pemerintah daerah saat ini tengah berfokus untuk melakukan antisipasi penyakit menular, agar wabah PMK ini tak merebak lebih parah kedepannya terlebih lagi menjelang perayaan hari raya Iduladha," ujar Hendrizal.

"Perlu dilakukan langkah terukur seperti mengatur pembatasan jual beli di pasar ternak, hingga koordinasi yang intens dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas kendaraan yang membawa hewan kurban. Terlebih dahulu dilakukan pengecekan apakah hewan ternak itu terinfeksi atau tidak," ungkapnya.

Hendrizal menyebut pemerintah telah menetapkan kebijakan menekan wabah PMK seperti membuat surat edaran untuk seluruh kecamatan se-kabupaten Inhu, serta masyarakat. Isinya jual beli hewan ternak dan pengecekan hewan ternak secara berkala sebelum akhirnya di perdagangkan untuk hewan qurban.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Inhu, Bonayis Pariza, menyebut bahwa wabah PMK saat ini memang tengah merebak di beberapa kecamatan.

"Kita sudah mensiagakan dokter hewan agar dapat menekan wabah PMK saat ini. Wabah virus ini tidak akan menginfeksi manusia hanya saja jika hewan yang sudah terinfeksi pasti sakit, dan angka kematian pada hewan ini antara 5-20 persen," ujarnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS