Home Info KEMNAKER Kemnaker Tambah Jumlah Peserta Program Magang ke Jepang

Kemnaker Tambah Jumlah Peserta Program Magang ke Jepang

Tokyo, Gatra.com- Pemerintah mendorong anak muda meningkatkan potensi diri, sehingga sukses di kancah internasional. Melalui Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah peserta program pemagangan ke Jepang akan diperbanyak. Hal ini diharapkan mampu menambah ilmu sehingga dapat bermanfaat untuk karir ke depannya. Terutama setelah peserta magang kembali ke Indonesia.

Meskipun meningkat jumlahnya, tetapi seleksi kompetensi dan keterampilan tetap ketat menyesuaikan kebutuhan industri di Jepang. Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan pun telah menyampaikan informasi tersebut kepada Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN) di Tokyo Jepang.

" Peluang magang di Jepang ini, menjadi momentum baik bagi Kemnaker untuk terus mendorong berbagai upaya peningkatan kompetensi SDM Indonesia, " ujar Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IX DPR melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Senin (27/6/2022).

Budi mengatakan, program pemagangan merupakan bagian dari pelatihan kerja. Oleh karena itu, peserta harus bersungguh-sungguh menyerap ilmu untuk meningkatkan skill. Khususnya, melatih etos kerja dan produktivitas yang telah diterapkan di Jepang. Hasilnya, dapat menambah kemampuan SDM mendekati standar kompetensi industri multinasional agar mampu bersaing di pasar kerja global.

Jepang merupakan negara yang terkenal dengan etos kerja dan teknologi terbaik. Kerja sama Indonesia-Jepang dalam aspek ketenagakerjaan, dapat meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

"Kami mengikutsertakan Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan karena merupakan lembaga yang berkewajiban menciptakan lapangan kerja dan perlindungan bagi pekerja. Angkatan kerja produktif yang meningkat, harus disertai dengan keahlian dan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan kerja di zaman milenial saat ini," ucap Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris.

Sebagai informasi, sejak1993 hingga kini, Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan peserta pemagangan ke Jepang sekitar 94.348 peserta. Dari angka tersebut, sebanyak 13.699 orang masih mengikuti pemagangan di Jepang. Setelah selesai mengikuti program magang, mereka memiliki tanggung jawab untuk mempraktikkan keterampilan yang telah dipelajarinya. Selain itu, menyebarkan pengetahuan yang telah didapatkan.