Home Internasional Putra Diktator Filipina Dilantik Jadi Presiden

Putra Diktator Filipina Dilantik Jadi Presiden

Manila, Gatra.com - Putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos akan dilantik sebagai presiden pada hari Kamis (30/6). Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr, 64, memenangkan pemilihan bulan lalu dengan telak, mengamankan kemenangan terbesar sejak ayahnya digulingkan oleh pemberontakan rakyat pada 1986.

Marcos Jr akan mengambil sumpah pada tengah hari dalam upacara publik di Museum Nasional di Manila di depan ratusan pejabat dan jurnalis lokal dan asing.

Dia menggantikan Rodrigo Duterte yang sangat populer, yang mendapat kecaman internasional karena perang narkoba yang mematikan dan telah mengancam akan membunuh tersangka pengedar setelah dia meninggalkan kantor.

Lebih dari 15.000 polisi, tentara, dan personel penjaga pantai telah dikerahkan di seluruh ibu kota untuk pengamanan.

Itu terjadi beberapa hari setelah Mahkamah Agung menolak upaya terakhir untuk mendiskualifikasi Marcos Jr dari pemilihan dan mencegahnya menjabat.

Sebagai pemimpin baru, Marcos Jr menjadikan penanganan inflasi, mendorong pertumbuhan, dan meningkatkan produksi pangan sebagai prioritasnya.

Untuk memastikan prioritasnya berjalan, ia menunjuk dirinya sendiri sebagai menteri pertanian untuk memimpin perbaikan sektor yang bermasalah.

Marcos Jr juga telah berjanji untuk membela hak Filipina atas Laut China Selatan yang disengketakan, yang diklaim hampir seluruhnya oleh Beijing.

Marcos Jr mengatakan bulan lalu dia akan mengadopsi kebijakan luar negeri "berteman untuk semua, tidak ada musuh".

Tapi tidak seperti Duterte, dia bersikeras dia akan menegakkan keputusan internasional terhadap Beijing atas Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS