Home Makro Hari Keluarga Nasional, ShopeePay Ajak Keluarga Kelola Finansial dengan Cerdas

Hari Keluarga Nasional, ShopeePay Ajak Keluarga Kelola Finansial dengan Cerdas

Jakarta, Gatra.com - Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional, ShopeePay mengajak keluarga Indonesia untuk mengelola keuangan keluarga dan mengasah literasi finansial, salah satunya dengan memanfaatkan fitur Transfer ShopeePay. Fitur ini memungkinkan keluarga Indonesia melakukan transfer dengan bebas biaya admin, langsung sampai ke rekening tujuan (real-time), dan tanpa batas kuota transfer harian, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank.

Sehingga, kebutuhan finansial rumah tangga termasuk pengelolaan keuangan dapat terpenuhi dengan nyaman dan praktis. Kepraktisan fitur ini sejalan dengan data Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), di mana 98,76% rumah tangga di perkotaan dan perdesaan telah menggunakan telepon seluler sebagai media untuk mengakses internet.

“ShopeePay menyadari adanya beragam kebutuhan transaksi yang harus dipenuhi oleh keluarga. Tak hanya itu, keluarga juga mengemban tanggung jawab untuk melakukan edukasi dan membangun literasi keuangan dalam lingkup keluarga,” ujar Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari dalam diskusi virtual bertajuk “Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay” yang digelar Rabu (29/6).

Edukasi tersebut diperlukan karena data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 mengungkap indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. “Berangkat dari hal tersebut, kami harap fitur Transfer ShopeePay dan ragam inisiatif yang kami luncurkan dapat memberikan kemudahan bagi keluarga Indonesia dalam memenuhi kebutuhan finansial dan pengelolaan keuangan dengan lebih baik guna mewujudkan literasi keuangan yang mumpuni,” kata Eka.

Fitur tersebut hadir untuk mendukung produktivitas serta memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan harian, terutama bagi anggota keluarga yang mengemban tugas sebagai pengelola keuangan keluarga. Melalui fitur Transfer ShopeePay ini, pengguna dapat dengan mudah mendistribusikan pos budget, melakukan pembayaran langsung ke berbagai rekening bank maupun akun ShopeePay, hingga rekap pengeluaran yang tercatat pada fitur Riwayat Transaksi dengan praktis dan efisien.

Pada kesempatan yang sama, Eka menginformasikan bahwa per tanggal 1 Juli mendatang, para pemegang akun ShopeePay Plus dapat menikmati limit saldo yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp20.000.000, sehingga transaksi sehari-hari semakin aman, mudah, dan memuaskan.

Pasangan publik figur Mona Ratuliu dan Indra Brasco mengaku sangat terbantu dengan kehadiran fitur Transfer ShopeePay. Terlebih, keluarganya memiliki kebutuhan transfer harian yang beragam. Berikut tips mengelola keuangan dari Mona Ratuliu & Indra Brasco agar keluarga makin kompak:

Buat pos budget sesuai kebutuhan serta lakukan evaluasi keuangan secara berkala

Membuat rancangan pengeluaran adalah salah satu strategi utama yang dilakukan oleh Mona dan Indra agar pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik. Untuk strategi satu ini, Mona menekankan, bahwa setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda. Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

“Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya,” ujar Mona Ratuliu.

Manfaatkan teknologi untuk permudah urusan finansial harian

Mona dan Indra menyebut, kehadiran teknologi sangat membantu urusan finansial keluarganya. Selain membantu keduanya jadi makin produktif dan dapat beraktivitas dengan efisien, Mona dan Indra juga merasa sangat terbantu dengan keunggulan fitur dan juga promo yang ditawarkan. “Ibu-ibu pasti paham kalau setiap harinya ada saja kebutuhan keluarga yang harus ditransfer sana-sini, mulai dari uang belanja dapur, bayar uang sekolah dan les anak, uang saku anak, iuran bulanan kompleks, gaji pegawai, sampai iuran arisan keluarga dan jadwal staycation,” ucap Mona.

Libatkan seluruh anggota keluarga dalam proses perencanaan keuangan

Indra Brasco mengatakan, teamwork dan saling percaya merupakan kunci untuk mencapai perencanaan keuangan keluarga yang kuat. Karena itu, ia dan Mona selalu berusaha melibatkan anak-anak dalam mencapai tujuan finansial bersama dengan sesekali memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengatur keuangan masing-masing. “Kalau untuk urusan keuangan keluarga, sudah pasti saya percayakan kepada Mona yang memang lebih teliti, memahami secara detil mengenai kebutuhan keluarga, dan tentunya cerdas memilih promo yang menguntungkan,” kata Indra.

Certified Financial Planner, Annisa Steviani membenarkan, salah satu kunci sukses mengelola finansial keluarga adalah dengan menyamakan persepsi seputar finansial dengan pasangan dan bahkan anggota keluarga. Menurutnya, ideal bagi keluarga apabila mampu menyisihkan 10% dari pemasukan per bulan untuk menabung atau investasi. Terlebih dengan kehadiran teknologi yang semakin memudahkan pengelolaan keuangan keluarga, seperti fitur Transfer ShopeePay.

Ketika fondasi finansial keluarga kuat, tujuan dan impian yang dimiliki pun dapat dicapai secara efektif dan strategis. “Memperkuat fondasi finansial keluarga juga termasuk pada literasi finansial anak. Alih-alih mengajarkan pentingnya menabung, orang tua bisa mulai mengedukasi anak cara berbelanja dengan bijak,” pungkas Annisa.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS