Home Internasional Norwegia Janjikan 1 Miliar Euro untuk Mendukung Ukraina

Norwegia Janjikan 1 Miliar Euro untuk Mendukung Ukraina

Kyiv, Gatra.com - Norwegia menjanjikan bantuan kepada Ukraina sebesar 1 miliar euro atau sekitar $1,04 miliar pada Jumat (1/7). Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere mengatakan bahwa tindakan ini merupakan bentuk ungkapan solidaritasnya terhadap Ukraina.

“Perjuangan Ukraina bukan hanya untuk Ukraina. Ini tentang beberapa prinsip dasar dunia yang akan kami tawarkan kepada anak-anak kami. Ini tentang keamanan di Eropa, ini tentang nasib tetangga Anda,” katanya dalam konferensi pers di Kyiv kemarin seperti dilansir Reuters.

Menurutnya, perang Rusia-Ukraina merupakan sebuah pelanggaran hukum internasional. Ukraina memiliki hak untuk membela diri dan mendapat bantuan dari negara lain.

“Kami memiliki hak untuk membantu Anda membela diri,” tegas Stoere.

Ia juga menyebut bahwa negaranya sudah memproduksi pasokan gas bagi Eropa dengan sangat maksimal. Bahkan, Norwegia akan melakukan segala cara untuk menyediakan pasokan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy menyebut bahwa tekanan terhadap Rusia harus terus dilakukan sehingga perang bisa berakhir.

Menurutnya, Rusia telah menyerang gedung-gedung tinggi di Ukraina menggunakan rudal Kh-22 era Soviet. Padahal, rudal itu dirancang untuk menghantam kapal induk atau benda besar lainnya.

Ucapan Zelenskiy tentang rudal itu mengarah ke serangan Rusia pada apartemen desa resor Serhiivka. Ledakan rudal pada Jumat dini hari itu sedikitnya menewaskan 16 orang.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS