Home Pendidikan Disebut Tidak Dapat Siswa Baru, Begini Respon Kepsek SMP 4 Jiken

Disebut Tidak Dapat Siswa Baru, Begini Respon Kepsek SMP 4 Jiken

Blora, Gatra.com - Sekolah Menengah Pertama (SMP) 4 Jiken Satu Atap (Satap) Blora diketahui tidak dapat siswa baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 berdasarkan website resmi siapppdb.blorakab.go.id.

Kepala SMPN 4 Jiken Satu Atap, Tamyizul Huda menampik hal itu. Dirinya berdalih belum melakukan input data secara online.

"Kalau yang di PPDB belum dimasukkan. Kemarin kita offline. Saat ini baru ada 10 siswa," ucapnya melalui saluran telepon, Senin (4/7).

Tamyizul menjelaskan tidak adanya minat peserta didik baru ke sekolahnya karena masyarakat lebih memilih bersekolah di sekolahan lain. "Kita itu keceran (tertinggal-red), Anak-anak ini sementara masih daftar di SMPN 3 Jiken," katanya.

Dirinya juga mengakui siswa yang bersekolah di SMPN 4 Jiken merupakan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. "Yang di sini rata-rata di bawah garis kemiskinan. Wali murid siswa saya di bawah garis kemiskinan," jelasnya.

Dikatakan, dirinya bisa saja mengajak siswa yang baru lulus SD untuk bersekolah di SMPN 4 Jiken. Sebab, SMPN 4 Jiken ini juga satu kompleks dengan SDN 4 Ketringan.

"Saya tidak mau menekan anak-anak itu di SMPN 4," ujarnya.

SMP 4 Jiken Satap terletak di area hutan yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Timur. Selain akses jalan yang rusak, signal telekomunikasi di daerah tersebut juga sulit.

 

160