Home Hukum Sembunyi di Kamar Mandi, Napi Rutan Solo Coba Kabur

Sembunyi di Kamar Mandi, Napi Rutan Solo Coba Kabur

Solo, Gatra.com - Seorang tahanan mencoba kabur dari Rutan Kelas 1 Surakarta, Senin (4/7/2022). Beruntung gerak cepat dilakukan petugas untuk  menggagalkan aksi narapidana tersebut. Kepala Rutan Klas I Surakarta Urip Dharma Yoga mengatakan, narapidana tersebut bernama Rahmat Fauzi.

"Tersangka menjalani hukuman dua tahun penjara dalam kasus penucurian mobil," kata Urip didampingi Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Bachtiar Oktaffiandi dan jajaran pejabat Rutan.

Dia menjelaskan, kronologi percobaan kabur itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu, petugas menggelar apel dan dilanjutkan pengecekan serta penghitungan penghuni sel. "Saat penghitungan itulah diketahui pelaku tidak ada di kamar blok," jelasnya.

Mendapati pelaku tak ada di kamar blok, petugas pengamanan langsung siaga terutama menutup akses pintu utama dan bergerak melakukan pengecekan di setiap sudut Rutan Klas I Surakarta. Petugas di empat pos juga membunyikan lonceng tanda ada kejadian penting atau siaga satu.

Setelah melakukan penelusuran, tim reaksi cepat menemukan pelaku berada di atas genteng ruang dapur. "Kami lalukan pendekatan secara persuasif agar warga binaan ini turun dari genteng. Alhamdulillah tidak ada perlawanan dan warga binaan bisa kami amankan," terangnya.

Sementara itu, Bachtiar Oktaffiandi menambahkan, warga binaan itu awalnya bersembunyi di kamar mandi masjid yang berada di dalam kompleks Rutan Klas I Surakarta. Saat petugas melalukan pengecekan di sel blok, pelaku diam-diam memanjat pagar pembatas dalam lalu naik ke genteng bangunan utama menuju masjid dan dapur.

"Warga binaan lalu kita amankan dan dilalukan introgasi awal," tandas Bachtiar.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS