Home Internasional Di Tengah Perang, Rusia Tahan Tiga Jenderal Polisi Terlibat Korupsi

Di Tengah Perang, Rusia Tahan Tiga Jenderal Polisi Terlibat Korupsi

Moskow, Gatra.com - Di tengah perang dengan Ukraina, tiga jenderal polisi Rusia, termasuk seorang asisten Menteri Dalam Negeri negara itu, ditahan atas tuduhan penyelewengan dana bantuan. 

Demikian diumumkan penegak hukum Rusia, pada Rabu (6/7).

Themoscowtimes Rabu (6/7) melaporkan, mereka yang ditahan itu adalah Letnan Jenderal Sergei Umnov dan dua rekan senior — Mayor Jenderal Alexei Semyonov, kepala polisi lalu lintas St. Petersburg, dan Mayor Jenderal Ivan Abakumov. Ketiganya dituduh menggelapkan uang dari Dana Bantuan Program untuk St. Petersburg dan Departemen Utama Dalam Negeri wilayah Urusan Leningrad antara tahun 2016 dan 2020.

Umnov mengepalai cabang Kementerian Dalam Negeri St. Petersburg antara 2012 dan 2019, ketika Presiden Vladimir Putin menunjuknya sebagai asisten Menteri Dalam Negeri Vladimir Kolokoltsev. 

Kolokoltsev belum mengomentari atas penangkapan tersebut.

“Komite Investigasi Rusia, yang menyelidiki kejahatan besar, membuka kasus pidana terhadap orang-orang tersebut atas tuduhan penyalahgunaan jabatan pada Juli 2020,” sebagaimana dilaporkan, sebuah harian bisnis Kommersant.

Jika terbukti bersalah atas tuduhan tersebut, mereka akn menghadapi hukuman penjara maksimal 10 tahun.

Kommersant melaporkan, Abakumov sebelumnya menghadapi hukuman penjara pada tahun 2021 karena diduga memalsukan cuti sakitnya, namun hakim menolak kasusnya setelah undang-undang pembatasan berakhir.

Para pejabat menuduh dua jenderal besar Kementerian Dalam Negeri lainnya menyalahgunakan kekuasaan pada tahun yang sama, meskipun Kantor Kejaksaan Agung Rusia menolak untuk mendakwa para perwira tersebut dengan alasan tidak cukup bukti. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS