Home Ekonomi PTBA Raih AKHLAK Award, Ini Pesan Menteri Erick Thohir

PTBA Raih AKHLAK Award, Ini Pesan Menteri Erick Thohir

Jakarta, Gatra.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, meminta seluruh insan BUMN, termasuk PT Bukit Asam (PT BA) yang baru meraih penghargaan AKHLAK Award 2022 kategori Indeks Implementasi AKHLAK Klaster Minerba, meningkatkan penerapan nilai inti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). 

“Penerapan core value AKHLAK terus menunjukkan hasil yang baik di BUMN,” kata Erick dalam keterangan pers, Rabu (6/7).

Hasil yang baik dari penepan AKHLAK tersebut, lanjut Erick, contohnya terus konsistensi melakukan bersih-bersih dan pemberantasan korupsi di BUMN, transformasi human capital yang menjadi lebih profesional, hingga laba BUMN yang tadinya hanya Rp13 triliun menjadi Rp126 triliun.

Menurutnya, implementasi AKHLAK ini harus terus terjaga sehingga BUMN dapat meningkatkan kontribusi kepada negara seperti saat ini yang jumlahnya mencapai Rp 372 triliun dari pajak, dividen, dan bagi hasil.

“Saya menekankan kepada seluruh BUMN agar terus konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya,” kata Erick dalam acara AKHLAK Award 2022.

Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam (PT BA), Arsal Ismail, menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan PT BA yang bersama-sama menjalankan nilai inti AKHLAK sehingga PTBA dapat semakin meningkatkan tata kelola serta mencapai kinerja positif.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan. PT BA senantiasa meningkatkan sistem dan praktik tata kelola dari tahun ke tahun, agar tetap dapat bertanggung jawab, transparan, dan berlaku adil dengan mengikuti praktik tata kelola terbaik yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, pada sambutannya, menyampaikan bahwa AKHLAK BUMN sebagai nilai inti (core value) seyogianya menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi.

"Di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai,” katanya.

Menurut Ma'ruf, pemerintah mengharapkan BUMN meningkatkan kontribusinya kepada negara seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya. “BUMN selayaknya terus meng-upgrade diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia,” ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap pemberian penghargaan ini dapat mendorong BUMN agar semakin meningkatkan tata kelolanya dengan menerapkan nilai-nilai AKHLAK. Penghargaan ini diharapkan dapat dimaknai secara menyeluruh dalam segala aspek dan dimensinya.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron, menyampaikan ucapan selamat kepada BUMN yang berhasil meraih AKHLAK Award. Ia berpesan agar BUMN konsisten menjalankan nilai AKHLAK untuk mendukung pemberantasan korupsi.

“Kami menyampaikan selamat dan jaga terus core value AKHLAK. Karena dengan AKHLAK itu, BUMN bisa jaya dan Indonesia sejahtera,” katanya.

Adapun AKHLAK Award 2022 dihelat oleh ACT Consulting International. Founder ACT Consulting, Ary Ginanjar Agustian, menilai bahwa penerapan AKHLAK terlihat dalam profesionalisme, transparansi, serta keterbukaan BUMN dalam transformasi human capital dan pemberantasan korupsi.

Ia mengapresiasi BUMN-BUMN yang siap dan bersedia diberi penilaian oleh pihak independen. Menurutnya, total ada 31 BUMN dan 102 anak perusahaan BUMN yang berpartisipasi dalam AKHLAK Award pada periode Juli 2021–Juni 2022.

118