Home Internasional Australia Tawarkan Suntikan COVID-19 Keempat Usia di Atas 30 Tahun

Australia Tawarkan Suntikan COVID-19 Keempat Usia di Atas 30 Tahun

Sydney, Gatra.com - Australia akan menawarkan vaksin Covid-19 keempat kepada semua warganya di atas 30 tahun. Pihak otoritas kesehatan mengatakan pada hari Kamis, (7/7), ketika sejumlah rumah sakit mulai dipenuhi pasien dalam gelombang infeksi musim dingin.

Pemerintah mengatakan telah merekomendasikan suntikan keempat bagi mereka yang berusia lebih dari 50-an tahun, namun juga menawarkannya kepada semua orang di atas 30 tahun, meskipun belum jelas manfaat bagi kelompok usia yang lebih muda.

AFP Kamis (7/7) melaporkan, langkah ini mengikuti rekomendasi badan penasihat imunisasi teratas, yang mengakui bahwa orang yang lebih muda mungkin menginginkan dosis booster musim dingin, sekalipun dampaknya bagi mereka “tidak pasti dan kemungkinannya masih terbatas.”

Australia sebelumnya merekomendasikan suntikan Covid keempat hanya untuk lansia di atas 65 tahun serta kelompok rentan, termasuk mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Karena varian Omicron BA.4 dan BA.5 yang baru dan lebih menular melintasi populasi, jumlah pasien rumah sakit Australia dengan COVID telah melonjak lebih dari 1.000 dalam sebulan menjadi sekitar 3.900, dengan 140 orang yang saat ini dalam perawatan intensif.

"Ini memberikan tekanan nyata pada sistem kesehatan dan rumah sakit kita," kata Menteri Kesehatan, Mark Butler pada konferensi pers saat mengumumkan keputusan tersebut.

Lebih dari 95 persen orang di atas usia 16 tahun divaksinasi lengkap di Australia. Hanya sedikit orang yang sekarang memakai masker atau mengambil tindakan dengan menjaga jarak.

Ketika pembatasan secara bertahap mulai dilonggarkan, --di negara yang sebelumnya menutup perbatasan internasionalnya selama hampir 20 bulan-- untuk mengecualikan virus, Australia minggu ini membatalkan semua persyaratan sertifikat vaksin untuk pengunjung asing.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS