Home Kebencanaan Cuaca Ekstrem, Rumah di Pati Rata dengan Tanah

Cuaca Ekstrem, Rumah di Pati Rata dengan Tanah

Pati, Gatra.com – Cuaca ekstrem masih membayangi wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Di Dukuh Selempung, Desa/Kecamatan Dukuhseti, misalnya, sebuah rumah rata dengan tanah setelah diterjang angina kencang, Kamis (7/7).

Kasi Humas Polres Pati, Iptu Sukarno mengatakan, rumah yang ambruk itu adalah milik Sumali warga RT 07/RW 03. Diperkirakan akibat bencana ini, pria berumur 57 tahun tersebut mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Rumah milik korban mengalami rusak berat, akibat angin kencang di sertai hujan deras. Kejadian sekitar pukul 07.00 WIB,” ujarnya.

Saat peristiwa ini berlangsung, lanjutnya, korban bersama keluarga sedang berada di dalam rumah. Hanya saja, ketika korban mendengar suara mencurigakan, sekelurga tersebut langsung kabur dari lokasi.

“Istri korban, Sarni mendengar suara rumah yang mau roboh dari dalam rumah. Mendengar suara mereka langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” jelasnya.

Ditambahkan, personel kepolisian sektor bersama relawan telah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi material dampak bencana.

“Luas rumah yang mengalami kerusakan berukuran 4x8 meter persegi, atap dari genting dan asbes, dinding terbuat dari anyaman dari bambu, penyangga rumah dari kayu dan bambu, dan lantai tanah,” bebernya.

Ditambahkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, tetapi kerugian materi yang diderita korban diperkirakan mencapai Rp20.000.000.