Home Sumbagsel Bank Mandiri Hadirkan Digital Box di Palembang, Ini Kemudahan yang Ditawarkan

Bank Mandiri Hadirkan Digital Box di Palembang, Ini Kemudahan yang Ditawarkan

Palembang, Gatra.com - Upaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah, Bank Mandiri Region II Wilayah Sumatera 2 menghadirkan Digital Box, satu sistem layanan memberikan kemudahan, keamanan, kenyamanan serta menjawab kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi dan menikmati layanan perbankan dengan cepat.

Government Business Head Regional II Sumatera 2 Bank Mandiri, Iwan Setiawan menyampaikan, layanan Digital Box merupakan implementasi Smart Branch dari perusahaan perbankan milik negara (BUMN) untuk meningkatkan digitalisasi fungsi layanan dan tampilan fisik cabang meliputi tiga tipe layanan telah disesuaikan berdasarkan tingkat adaptasi digital yang telah digunakan  masyarakat saat ini.

Fasilitas yang disediakan dalam Digital Box meliputi satu unit Customer Service Machine (CSM) untuk pembukaan rekening dan penggantian kartu ATM dan tiga unit Cash Recycling Machine (CRM) untuk setor dan tarik tunai yang bisa dilakukan sendiri oleh nasabah.

"Hadirnya Digital Box, kami ingin secara maksimal memberikan kemudahan kepada nasabah dengan berbagai pilihan fasilitas layanan sehingga semakin banyak orang menabung, mulai berinvestasi, menempatkan simpanan, termasuk layanan pinjaman," ungkap Iwan yang ditemui tim Gatra Sumbagsel, di ruang kerjanya di Palembang, Jumat (8/7).

Inovasi yang dikembangkan Bank Mandiri selanjutnya, ada Virtual Box sebagai remote channel, empat buah tablet sebagai media untuk menampilkan informasi produk yang dimiliki Bank Mandiri, serta dibantu dua orang General Bankers. "Digital Box rencananya akan kami lounching pada 22 Juli nanti," ujarnya.

Pihaknya menargetkan pada tahun ini, di Palembang akan terdapat dua Digital Box, selain di Menara Mandiri Jalan A Rivai, Kota Palembang dan satu lagi terminal domestik Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Untuk Digital Box Menara Mandiri, telah efektif beroperasi dan mendapatkan izin operasional.

"Bandara merupakan salah satu pintu masuk di Palembang, yang kita ketahui aktivitasnya serba buru-buru. Dengan hadirnya Digital Box, maka nasabah Bank Mandiri baik dari luar maupun dalam Kota Palembang, bisa kami layani," katanya.

Iwan menambahkan, layanan Digital Box dapat dimanfaatkan oleh semua segmen karena fitur yang disediakan ada untuk perorangan dan perusahaan. Lanjut dia, dari Layanan digital perbankan, Bank Mandiri ada tiga channel utama yakni Livin’, Kopra, dan smart branch. Proses bisnis smarth branch, sangat mempermudah nasabah dan memberikan pengalaman cepat aman serta nyaman bagi pengguna.

"Sejauh ini, lebih kurang nasabah 65 persen melewati channel digital. Banyak juga nasabah dari pelosok daerah yang menggunakan channel digital untuk mendapatkan pelayanan dalam bertransaksi secara online. Ya karena belum ada cabang, saya lihat pada salah satu daerah pelosok memang banyak yang pakai channel digital Bank Mandiri," paparnya.

Hybrid Branch diperuntukkan untuk nasabah dengan adopsi digital tinggi namun layanan yang dibutuhkan cukup kompleks. Sedangkan yang Upgrade Branch bagi nasabah yang baru mengakses digital. "Adanya digitalisasi tidak akan berdampak bagi karyawan dan bahkan akan meningkatkan kemampuan pegawai berdigital. Karena mereka sebelumnya fokus pada layanan transaksional," katanya.

Reporter: Bubun Kurniadi