Home Gaya Hidup Presiden Jokowi Kurban Dua Ekor Sapi di Solo pada Iduladha 2022

Presiden Jokowi Kurban Dua Ekor Sapi di Solo pada Iduladha 2022

Solo, Gatra.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban dua ekor sapi di Solo pada Iduladha 2022. Dua ekor sapi ini ditempatkan di Masjid Agung dan Masjid Al Wustho.

Masjid Al Wustho Mangkunegaran diberi sapi seberat 960 kg dengan jenis Simental, dan telah diserahkan pada Jumat (9/7) kemarin. Untuk sapi yang disembelih di Masjid Agung Solo berjenis limosin dengan berat 1.010 kg. Sapi ini diserahkan di Masjid Agung Solo pada Sabtu (9/7) sore. Sapi diantar dengan menggunakan truk dari Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

Pemilik sapi, Harun Al Rosid mengatakan ia dihubungi oleh Dinas Peternakan Kabupaten Boyolali terkait recnana Presiden Jokowi yang mencari sapi untuk kurban. Dari lima kandidat, akhirnya sapi miliknya menjadi salah satu yang terpilih karena kandidat sapi dari Karanganyar dinyatakan gagal.

”Setelah menjalani tes darah dan ditunggu tiga hari ternyata hasilnya bagus. Kemudian ditawarkan ke Setpres dan kemudian satu minggu dinego dan sampai saat ini,” katanya.

Sapi berjenis limosin ini berusia lima tahun dan memiliki berat 1.010 kg. Sapi ini dibeli dengan harga Rp100 juta.

Sebelum dibawa untuk menjadi sapi kurban Presiden, hewan tersebut menjalani beberapa tahapan tes. Tes darah dilakukan untuk menyatakan hewan ini bebas cacing dan bebas parasit.

”Kemarin syaratnya harus menjalani tes darah dan diambil sampel fesesnya. Dan syarat lainnya beratnya sekitar 1 ton,” katanya.

Untuk perawatannya, sapi ini menjalani isolasi sekitar dua pekan. Hal ini untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini merebak.

”Sejak dua minggu lalu mau dipesan langsung lockdown untuk menghindari wabah PMK. Tiap pagi sore kami steril,” katanya.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta Muhtarom mengucapkan terima kasih dengan sapi pemberian Presiden Jokowi. Sejak menjadi Wali Kota Solo, Jokowi tidak pernah sekalipun absen berkurban sapi di Masjid Agung.

”Tahun ini juga berkurban sapi,” katanya.

Rencananya penyembelihan akan dilakukan esok hari, Minggu (10/7). Sebelumnya akan dilakukan serah terima dari Pemkot Solo, yang kemungkinan akan diselenggarakan setelah salat id oleh Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Setelah disembelih, daging akan dibagikan untuk warga sekitar Kampung Kauman, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Sebagian lain dibagikan untuk binaan dari Masjid Agung.

76