Home Kebencanaan Rumah Terbakar Saat Memasak Daging Kurban

Rumah Terbakar Saat Memasak Daging Kurban

Karanganyar, Gatra.com- Sebuah rumah di Kelurahan Blumbang Rt 07/Rw 1, Tawangmangu, Karanganyar, Jateng ludes terbakar, Minggu malam (10/7). Kebakaran ini dipicu kebocoran gas yang dipakai pemilik rumah untuk memasak daging kurban.

Sang pemilik, Suparno (45) terlelap karena kelelahan setelah seharian berkutat dengan daging kurban. Pada malam harinya, ia berniat memanaskan daging supaya awet. Tanpa diduga, gas elpijinya bocor saat ia tertidur. Api dengan cepat membakar dapur dan atap kemudian merembet ke ruang tidur dan ruang tamu. Barang elektronik dan berharga lainnya juga dilumat. Beruntung Suparno dapat menyelamatkan diri meski terluka kena pecahan kaca.

Relawan PMI Syaifullah mengatakan korban Suparno mengalami luka ringan. Ia mendapat perawatan dari petugas PMI. "Terkena pecahan kaca saat menyelamatkan barang-barang. Lukanya sudah diperban," katanya kepada Gatra.com.

Api berhasil dijinakkan usai petugas berjibaku selama sejam pemadaman. Sedikitnya dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi tersebut.

"Lantaran jarak lokasi dengan mako cukup jauh, kita membutuhkan waktu 20 menitan menjangkaunya. Api sudah melumat rumah. Di sana, proses pemadaman sekitar satu jam," kata petugas pemadam kebakaran Satpol PP, Ari Setiawan.

Belum dapat dihitung rinci kerugian akibat kebakaran itu. Namun diperkirakan puluhan juta rupiah.