Home Regional Bantu Ketahanan Pangan, Pemkab Purbalingga Sebar 18 Sapi Kurban

Bantu Ketahanan Pangan, Pemkab Purbalingga Sebar 18 Sapi Kurban

Banyumas, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah secara total menyerahkan 18 hewan kurban berupa sapi ke sejumlah desa atau kelurahan saat momentum Hari Raya Iduladha 1443.

Selain bernilai ibadah, penyerahan sapi ini sekaligus sebagai upaya pemerintah dalam rangka memperkuat ketahan pangan. Penyerahan secara simbolis telah dilakukan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan, Minggu (10/7).

Bupati Purbalingga mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk rasa syukur karena masyarakat nyengkuyung setiap program pemerintah dan membantu penanganan Covid-19. Hewan kurban disembelih dan didistribusikan pada hari raya Iduladha dan hari Tasyrik.

“Nanti bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik didistribusikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Semoga ini memberikan berkah dan barokah baik untuk kita semuanya,” katanya, dalam keterangannya, Senin (11/7).

Penyerahan dilakukan di beberapa titik. Tiga diantaranya diserahkan langsung bupati yakni di Desa Pandansari (Kejobong), Desa Larangan (Pengadegan) dan Desa Pekiringan (Karangmoncol).

Satu di antaranya diserahkan Wakil Bupati Sudono untuk warga Desa Kalimanah Kulon (Kalimanah). Sementara, dua ekor sapi diserahkan langsung oleh Ketua DPRD HR Bambang Irawan yakni di Desa Babakan (Kalimanah) dan Desa Karangjengkol (Kutasari).

Sisanya diserahkan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP). Diantaranya ke Kelurahan Bancar, Kelurahan Kembaran Kulon, Kelurahan Purbalingga Kidul, Desa Grecol, Desa Sidareja, Desa Beji, Desa Metenggeng, Desa Prigi, LazisMu dan PD Muhammadiyah.

Bupati Tiwi juga berharap momentum Iduladha ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagaimana meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Semoga yang berkurban, Allah leburkan dosa-dosanya, Allah lipatgandakan pahalanya dan juga Allah tingkatkan kepeduliannya kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Tiwi.

Sementara, salah satu perwakilan penerima, Kepala Desa Pandansari, Ridi mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban yang diberikan.

"Mewakili masyarakat Desa Pandansari kami mengucapkan terimakasih sudah diberi alokasi bantuan hewan kurban satu ekor sapi. Ini sangat bermanfaat," tutur Ridi.

1173