Home Sumbagsel Pola Kemitraan, Prajurit TNI AD Olah 600 Ha Lahan di OKI Menjadi Ladang Jagung

Pola Kemitraan, Prajurit TNI AD Olah 600 Ha Lahan di OKI Menjadi Ladang Jagung

Kayuagung, Gatra.com - Prajurit TNI AD Kodim 0402/Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan penanaman jagung di lahan rawan Karhutlah di Kecamatan Mesuji dan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Penanaman bibit komoditi jagung dengan pola kemitraan dengan masyarakat tersebut, selain dalam rangka mendukung ketahanan pangan, sekaligus upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah). Penanaman awal digelar di wilayah Koramil 402-09/Mesuji dengan luas 200 Ha dan Koramil 402-13/Sungai Menang dengan luas 400 Ha.

Komandan Kondim (Dandim) 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra mengatakan, penanaman jagung yang melibatkan anggota Koramil dan masyarakat itu dipantau langsung penyuluh pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, yang bertujuan selain meningkatkan ketahanan pangan, juga salah satu konsep mengatasi Karhutlah dengan memanfaatkan ‘lahat tidur’.

‘’Penanaman jagung di lahan seluas 200 Ha di wilayah Koramil 402-09/Mesuji, dilakukan dalam rangka pemanfaatan lahan tidur yang rawan Karhutlah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Tujuannya untuk membantu masyarakat pra sejahtera yang kekurangan bahan pangan di wilayah Mesuji,’’ kata Dandim, dalam siaran pers pada Lounching Penanaman Jagung Rakyat di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Mesuji, OKI, Selasa (12/7).

Menurutnya, kegiatan penanaman jagung rakyat merupakan petunjuk langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurahman, pada saat kegiatan Apel Dansat di Akmil Magelang.

‘’Penanaman Jagung dilakukan atas Petunjuk Bapak KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman. Anggota TNI diminta menanam jagung di lahan tidur. Nanti hasilnya akan diberikan kepada masyarakat, khususnya warga OKI,’’ terangnya.

Pada Lounching Penanaman Jagung Rakyat, dihadiri Forkopimda OKI, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Ir Syahrul MSi, serta Gapoktan Pagar Dewa Tarmuji, dan sekitar.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga membantu taraf hidup bagi kami (petani), sekaligus berkontribusi menjalankan program ketahanan pangan pemerintah,” ujarnya.